Studi komparasi pola keberagamaan masyarakat Dusun Balun dan Dusun Ngangkrik di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawiyah, Robiatul (2023) Studi komparasi pola keberagamaan masyarakat Dusun Balun dan Dusun Ngangkrik di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiatul Alawiyah_07020220042.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Robiatul Alawiyah_07020220042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pola keberagamaan antara masyarakat Dusun Balun dan Ngangkrik sendiri mempunyai perbedaan di dalamnya. Masyarakat Dusun Balun memiliki sikap toleransi dan saling menghormati terhadap perbedaan agama. Masyarakat Balun menunjukkan sikap yang cenderung inklusivisme. Sementara itu masyarakat Ngangkrik memiliki sifat yang eksklusivisme atau tertutup terhadap perbedaan agama. Masyarakat Ngangkrik dengan mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam sendiri menunjukkan kecenderungan pada sikap yang eksklusivisme. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dusun Balun menonjolkan pola keberagamaan inklusif dengan kehadiran tiga agama di dalamnya (Islam, Kristen, Hindu) yang diterima dengan baik, tradisi ziarah, perayaan agama bersama, den pendidikan yang terbuka. 2) Dusun Ngangkrik menunjukkan pola keberagamaan eksklusif dengan mayoritas penduduk agama Islam. Sikap eksklusif tercermin dalam penolakan terhadap umat dari agama lain dan pendidikan yang harus Islam. 3) Dusun Balun menonjolkan inklusivitas dan Dusun Ngangkrik cenderung eksklusif dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam. Meskipun perbedaan tersebut, keduanya mencerminkan dinamika kompleks antara inklusivisme dan eksklusivisme dalam kehidupan sehari-hari. Dusun Balun dan Ngangkrik memberikan wawasan berbeda terkait peran agama dalam masyarakat, memberikan landasan bagi penelitian lanjutan mengenai keragaman dan interaksi antarumat beragama di tingkat lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawiyah, Robiatulrobiatulalawiyah31@gmail.com07020220042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinrudinewlife@gmail.com2003087301
Subjects: Budaya - Agama
Gereja
Adat
Keywords: Pola keberagamaan; masyarakat; Dusun Balun; Dusun Ngangkrik; kualitatif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Robiatul Alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:06
Last Modified: 05 Feb 2024 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67646

Actions (login required)

View Item View Item