Efektivitas beauveria bassiana sebagai biofungsida terhadap pertumbuhan tanaman tomat (solanum lycopersicum l.) yang telah terinfeksi cendawan fusarium oxysporum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khodijah, Siti (2024) Efektivitas beauveria bassiana sebagai biofungsida terhadap pertumbuhan tanaman tomat (solanum lycopersicum l.) yang telah terinfeksi cendawan fusarium oxysporum. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khodijah_07020320080.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Siti Khodijah_07020320080_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (6MB)

Abstract

Tanaman yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia adalah tomat. Setiap tahun, produksi tanaman tomat menurun karena berbagai faktor. Salah satunya karena Fusarium oxysporum. F. oxysporum menyebabkan tanaman layu hingga gagal panen. Salah satu cara untuk mengendalikan F. oxysporum yaitu dengan menggunakan agen pengendali hayati Beauveria bassiana. Selain dapat menghambat patogen, B. bassiana mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu pemberian B. bassiana dalam mengatasi serangan layu F. oxysporum pada tanaman tomat dan menentukan waktu pemberian B.bassiana paling efektif dalam mengatasi serangan layu serta pertumbuhan baik pada tanaman tomat. Penelitian ini menggunakan RAL. Pengujian B. bassiana dilakukan dengan 6 perlakuan dan 3 pengulangan (3 dan 7 hari sebelum tanam, 3 dan 7 hari sesudah tanam, saat tanam, dan kontrol fungisida sintetik). Data diuji menggunakan ANOVA dan Duncan 5%. Hasil penelitian menunjukkan B. bassiana memenuhi standar mutu sebagai APH sesuai SNI 8027.1: 2014. Pemberian B. bassiana mampu menekan kelayuan patogen hingga 0,4 %, B.bassiana juga berpengaruh pada tinggi tanaman, panjang akar, panjang daun, bobot kering dan bobot basah tanaman. Pada penelitian ini diketahui perlakuan B.bassiana terbaik adalah T4 yaitu pemberian B. bassiana 3 hari setelah tanam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khodijah, Sitikhodijah1186@gmail.comH71219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com2006089002
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Pertanian
Keywords: Fusarium oxysporum; beauveria bassiana; tomato plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Siti Khodijah
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:09
Last Modified: 05 Feb 2024 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67664

Actions (login required)

View Item View Item