Peranan Syekh Abdullah Asy’ari dalam menyebarkan islam di Desa Bejagung Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban pada Abad 14 Hingga 15 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Putri Indah (2024) Peranan Syekh Abdullah Asy’ari dalam menyebarkan islam di Desa Bejagung Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban pada Abad 14 Hingga 15 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Indah Lestari_A72219063 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Indah Lestari_A72219063 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, bagaimana kondisi sosial budaya desa Bejagung. Kedua, bagaimana biografi Syekh Abdullah Asy’ari. Dan ketiga, bagaimana peran Syekh Abdullah Asy’ari dalam menyebarkan ajaran Islam di desa Bejagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi, dan memakai teori peranan menurut Soerjono Soekanto. Peran adalah aspek dinamis dari kedudukan seseorang. Ketika seseorang berperilaku sesuai statusnya, dia sedang menjalankan hak dan kewajibannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Desa Bejagung berada di kecamatan Semanding, Tuban. Dahulu Tuban masuk wilayah kerajaan Majapahit. Majapahit adalah kerajaan Hindu-Jawa, sehingga pembagian kasta berlaku dalam masyarakatnya. Awalnya masyarakat Tuban menganut animisme dan dinamisme. Setelah Tuban di bawah kekuasaan kerajaan, masyarakat banyak beralih menganut agama Hindu Budha. Kedua, Syekh Abdullah Asy’ari bin Sayyid Jamaluddin Kubro lahir sekitar paruh abad ke 14 M. beliau menuntut ilmu dari ayahnya, beliau diutus untuk berdakwah di Tuban. Beliau memiliki keahlian bertani dan memanfaatkannya untuk berbaur dengan masyarakat dan menyebarkan Islam dengan bahasa yang baik sehingga diterima oleh masyarakat. Ketiga, Syekh Abdullah Asy’ari merupakan tokoh yang mampu menyebarkan Islam sebelum wali songo pada zaman kerajaan Majapahit. Dakwah berawal dari runtuhnya kerajaan Pasai, Syekh Abdullah Asy’ari bersama rombongan tiba di Jawa. Beliau sebagai seorang wali memiliki karomah sebagai bekal dalam meyakinkan masyarakat bahwa ajaran yang dibawa mengedepankan uswatun hasanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Putri Indahputri.indahlestari91@gmail.comA72219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurahmadnurfuad@yahoo.com; nurfuad@uinsby.ac.id2011116401
Thesis advisorHuda, Lailatul--2013116301
Subjects: Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Syekh Abdullah Asy'ari; Islam; Bejagung
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Putri Indah Lestari
Date Deposited: 23 Jan 2024 14:10
Last Modified: 23 Jan 2024 14:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67682

Actions (login required)

View Item View Item