Peran masjid Nasional Al Akbar dalam memfasilitasi konversi agama di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Audina, Cut Mutia (2023) Peran masjid Nasional Al Akbar dalam memfasilitasi konversi agama di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cut Mutia Audina_07020220021 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cut Mutia Audina_07020220021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Masjid Nasional Al Akbar merupakan salah satu dari beberapa masjid terbesar di Indonesia. Dengan arsitekur megah yang menghiasi kota Surabaya, masjid ini menjadi ikon spiritual dan keagamaan yang sangat penting bagi masyarakat jawa timur dan seluruh Indonesia. Masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan, sosial, dan budaya yang sangat berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Sebagai pusat kegiatan keagamaan yang terbesar di Surabaya, masjid ini mempunyai dampak signifikan dalam membentuk pemahaman agama dan juga keyakinan masyarakat. Hal ini sangatlah menarik untuk dikaji lebih dalam, sehingga fokus atau permasalahan penelitian ini adalah “bagaimana peran masjid Nasional Al Akbar dalam memfasilitasi konversi agama?” penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis data guna memahami kontribusi masjid dalam proses konversi agama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masjid Nasional Al Akbar berperan sebagai tempat ibadah dalam memfasilitasi konversi agama. 2) Masjid Nasional Al Akbar berperan sebagai pusat pendidikan. 3) Masjid Nasional Al Akbar berperan sebagai komunitas keagamaan. dan 4) Masjid Nasional Al Akbar berperan sebagai sumber dukungan sosial. Disamping itu, berbagai kegiatan dan program yang diadakan oleh masjid ini membuka peluang bagi individu untuk mengembangakan pemahaman agama islam, yang juga dapat mempengaruhi terkait keputusan konversi agama. Dengan adanya jaringan sosial dan juga komunitas yang ada di sekitar masjid juga dapat memainkan peran penting dalam mendukung proses konversi agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Audina, Cut Mutiacutmutiaaudina8@gmail.com07020220021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinrudinewlife@gmail.com2003087301
Subjects: Agama
Islam
Toleransi
Keywords: Masjid Nasional Al Akbar; konversi agama; peran Masjid.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Cut Mutia Audina
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:12
Last Modified: 22 Jan 2024 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67683

Actions (login required)

View Item View Item