Sejarah perkembangan Pondok Pesantren al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik (1983-2022)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Firman Aldi (2023) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik (1983-2022). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firman Aldi Setyawan_A02218015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Firman Aldi Setyawan_A02218015_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi “ini berjudul Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al Hikmah Muhammadiyah Desa Pengulu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik (1983-2022). Penelitian ini berfokus pada: (1) Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik (2) Profil dan perkembangan sistem pendidikan Pondok Pesantren Al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik (3) Respon masyarakat terhadap Pondok Pesantren Al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik. “ Penelitian “ini menggunakan pendekatan historis dan antropologi, pendekatan yang difokuskan pada analisis sejarah berdirinya Pondok Pesantren dan respon masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan teori Continuity and Change oleh John Voll dan juga teori SOR, teori Continuity and Change difokuskan dalam perkembangan sistem pendidikan Pondok Pesantren, “sedangkan teori SOR difokuskan pada respon masyarakat terhadap berdirinya Pondok Pesantren. Dalam kaitanya dengan pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi, dan Historiografi. “ Dari “proses analisis didapatkan kesimpulan bahwa, (1) Pondok Pesantren Al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik didirikan oleh Perserikatan Muhammadiyah pada sekitar Tahun 1983.“ (2) Pesantren Al Hikmah Muhammadiyah Sidayu Gresik merupakan pondok pesantren milik Persetikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Jl. K H Munawwar No.1, “Pengulu, Kec. Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (3) Respon masyarakat sekitar pondok pesantren sangat baik dan antusias. Namun adanya kurang relevansi antara fasilitas Pondok“dengan teknologi canggih, menjadikan kurangnya fasilitas yang mendukung kearah modern. “

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, Firman Aldisuntorotok77@gmail.comA02218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorHuda, Lailatul--2013116301
Subjects: Muhammadiyah
Pesantren
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Sejarah; perkembangan; Pondok Pesantren; respon
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Firman aldi Setyawan
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:49
Last Modified: 05 Feb 2024 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67698

Actions (login required)

View Item View Item