KH. Bisri Syansuri: pendiri pondok Pesantren Putri pertama di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falahi, Fachriza Naufal (2024) KH. Bisri Syansuri: pendiri pondok Pesantren Putri pertama di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fachriza Naufal Falahi_03020220036 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fachriza Naufal Falahi_03020220036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana riwayat hidup KH. Bisri Syansuri? (2) Mengapa KH. Bisri Syansuri mendirikan pondok pesantren putri pertama di Indonesia? (3) Bagaimana pengaruh KH. Bisri Syansuri terhadap adanya pesantren putri di Indonesia? Untuk menjawab masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian sejarah yaitu metode penelitian mengenai sejarah yang menggunakan cara dan teknik sistematis berdasarkan prosedur ilmu sejarah dengan mengumpulkan, mengkritik, menafsirkan kemudian menulis. Dalam penelitian ini menggunakan teori peran Biddle dan Thomas. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan genealogi Michel Foucault. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, KH. Bisri Syansuri lahir pada 1887 dan wafat 1980 pada usia 93 tahun, ia memulai pendidikannya dengan nyantri kepada guru-gurunya baik di tanah air maupun di Mekkah kemudian menikah dengan Nyai Hj. Nur Khodijah. KH. Bisri Syansuri mendirikan pesantren di Denanyar pada tahun 1917 disusul dua tahun setelahnya membuka pesantren putri pertama di Indonesia, meskipun langkah yang diambil pada awalnya merupakan hal yang belum wajar di kalangan pesantren, namun lambat laun dapat berkembang dan diterima di masyarakat. KH. Bisri Syansuri secara langsung maupun tidak langsung menjadi motivator untuk mempengaruhi pesantren-pesantren lainnya sehingga turut serta memperhatikan pendidikan perempuan dengan membuka pesantren putri di Indonesia, terlebih di Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falahi, Fachriza Naufalf.naufal.f@gmail.com03020220036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'la, Abdabdalabs@gmail.com2005095701
Thesis advisorKhairi, Akhmad Najibulnajib@uinsby.ac.id2015017801
Subjects: Gender
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: KH. Bisri Syansuri; pondok Pesantren Putri Pertama; pendidikan Perempuan di Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fachriza Naufal Falahi
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:31
Last Modified: 23 Jan 2024 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67707

Actions (login required)

View Item View Item