Analisis pengaruh ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA) terhadap trade creation dan trade diversion Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Rina (2024) Analisis pengaruh ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA) terhadap trade creation dan trade diversion Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rina Ramadhani_G71219053 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Rina Ramadhani_G71219053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perdagangan internasional merupakan salah satu topik pembahasan yang menarik dan relevan untuk diteliti karena menjadi indikator yang penting bagi pertumbuhan ekonomi negara. Selama sepuluh tahun terakhir arus perdagangan Indonesia dengan negara anggota ASEAN-Korea mengalami tren peningkatan setelah berjalannya perjanjian perdagangan yang terbentuk sejak tahun 2007, namun dengan adanya perkembangan tersebut masih belum dapat digunakan untuk menyimpulkan efek yang terjadi pada Indonesia sebagai salah satu negara yang terlibat didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh menguji pengaruh adanya kesepakatan dagang antara negara-negara anggota ASEAN dan Korea Selatan terhadap trade creation dan trade diversion Indonesia pada periode tahun 2012- 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode regresi data panel yang diolah menggunakan software e-views 10. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi trade creation pada sisi impor tetapi pada sisi ekspor Indonesia pada periode tahun 2012-2021 setelah diberlakukannya AKFTA terjadi trade diversion. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil estimasi regresi data panel pada variabel ekspor, dimana nilai koefisien variabel dummy AKFTA bernilai negatif sedangkan pada hasil regresi data panel impor nilai koefisien variabel dummy AKFTA bernilai positif. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak pemerintah agar dapat mengantisipasi dan membuat kebijakan terkait dengan adanya pengalihan perdagangan di Indonesia yang dapat mengakibatkan turunnya kesejahteraan perokonomian Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Rinaramadhanirina18@gmail.comG71219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Keywords: ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA); trade creation; trade diversion Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rina Ramadhani
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:13
Last Modified: 24 Jan 2024 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67725

Actions (login required)

View Item View Item