Pengaruh media smart stair terhadap hasil belajar Matematika materi satuan ukur panjang peserta didik kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Mufidatul (2024) Pengaruh media smart stair terhadap hasil belajar Matematika materi satuan ukur panjang peserta didik kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidatul Azizah_D97219090 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Mufidatul Azizah_D97219090.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya minat belajar, dan tidak ada media pembelajaran yang digunakan guru ketika pembelajaran Matematika materi satuan ukur panjang. Permasalahan tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh dari Media Smart Stair terhadap hasil belajar peserta didik di kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini meliputi : 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika satuan ukur panjang peserta didik kelas III di MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan menggunakan Media Smart Stair dan tanpa menggunakan Media Smart Stair, dan 2) untuk mengetahui pengaruh Media Smart Stair terhadap hasil belajar matematika satuan ukur panjang kelas III di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis quasi experiment dan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan menggunakan dua kelas dalam penelitian, yaitu kelas IIIC sebagai kelas kontrol dan kelas IIID sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan jenis tes pilihan ganda dan instrument berupa butir soal pilihan ganda. Peneliti memberikan pretest dan posttest baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Uji validitas, uji reliabilitas, uji Tingkat kesukaran soal, dan uji daya beda soal digunakan pada instrument soal. Teknik analisis data menggunakan uji statistic deskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik di kelas kontrol dengan peserta didik di kelas eksperimen dengan menggunakan Media Smart Stair. Nilai rata-rata yang diperoleh, pada kelas kontrol nilai pretest peserta didik adalah 55,96 dan rata-rata nilai posttest adalah 57,11, selisih keduanya adalah sebesar 1,15. Pada kelas kelas eksperimen nilai pretest memiliki rata-rata sebesar 69,44 dan nilai posttest memiliki rata-rata sebesar 75,63. Selisih antara nilai pretest dan posttest adalah 6,19. Dilihat dari nilai hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan angka 0,000 < 0,05, sehingga antara variabel X dan variabel Y memiliki pengaruh. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, Media Smart Stair memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika materi satuan ukur panjang peserta didi kelas III MINU Ngingas Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Mufidatulmufidaazizah74@gmail.comD97219090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media smart stair; hasil belajar; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufidatul Azizah
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:51
Last Modified: 24 Jan 2024 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67728

Actions (login required)

View Item View Item