Tinjauan fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap tempat pengolahan sampah terpadu Desa Pilang berdasarkan peraturan daerah nomor 6 tahun 2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdana, Safin Wahyu (2024) Tinjauan fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap tempat pengolahan sampah terpadu Desa Pilang berdasarkan peraturan daerah nomor 6 tahun 2012. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safin Wahyu Firdana_C04219039 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Safin Wahyu Firdana_C04219039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sistem Infomasi Pengelolaan Sampah Nasional melaporkan bahwa volume sampah di Kabupaten Sidoarjo mencapai 4.000 m₃ per hari. Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah, menjadi salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk menangani pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Sidoarjo agar membuat masyarakat menjadi lebih tertib menjaga kebersihan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dipaparkan dengan menganalisis secara yuridis terhadap pengelolaan sampah di TPST Desa Pilang Kecamatan Wonoayu berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 6 Tahun 2012, dan di analisis dengan Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap pengelolaan sampah di TPST Desa Pilang Kecamatan Wonoayu berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 6 Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris (field research), yakni penelitian di lapangan. Pendekata yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian sosiologi hukum. Karena fokus penelitian ini adalah tentang pengelolaan sampah di TPST Desa Pilang yang merujuk pada Perda No. 6 Tahun 2012 tentang pengelolaan sampah dan reribusi di Kabupaten Sidoarjo. Kemudian dianalisis dengan fiqh siyasah dusturiyah sebagai prinsip dari hukum tata negara Islam. Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 masih belum berjalan secara maksimal. Kurangnya regulasi atau hukum secara tegas mengatur tentang pengelolaan sampah yang menyebabkan terjadinya peningkatan volume sampah setaip tahunnya. Tinjauan Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap pengelolaan sampah di TPST Desa Pilang kurang sesuai dengan syariat Islam. Karena manusia sebagai khalifah di bumi ialah untuk dapat memakmurkan bumi sesuai dengan syariat Islam termasuk dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kebijaksanaan pemerintahaan harus mempertimbangkan aspirasi masyarakat rakyatnya. Pemerintah Daerah hendaknya mengevaluasi kinerja dari pihak yang terkait dengan pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sebagai langkah perbaikan pengelolaan sampah dan penerapannya harus sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012. Perlu adanya kesadaran bagi masyarakat Desa Pilang untuk mengikuti pelayanan/retribusi persampahan yang disediakan. Serta kepekaan masyarakat Desa Pilang terhadap pentingnya menjaga kebersihan agar lingkungan tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdana, Safin Wahyufirdanadana26@gmail.comC04219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWijaya, Arifrifjaya2@gmail.com2019077101
Subjects: Fikih
Hukum Islam
Al Qur'an
Keywords: Fiqh Siyasah Dusturiyah; pengolahan sampah terpadu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Safin Wahyu Firdana
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:01
Last Modified: 24 Jan 2024 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67734

Actions (login required)

View Item View Item