Peran UPTD-PPA dalam program Sakera Jempol: studi tentang pengarusutamaan gender pada kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Wulan Nur (2024) Peran UPTD-PPA dalam program Sakera Jempol: studi tentang pengarusutamaan gender pada kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulan Nur Hamidah_E94219031 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wulan Nur Hamidah_E94219031 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus kekerasan di Kabupaten Pasuruan, banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk kekerasan dalam rumah tangga, yang mendorong penelitian ini. Hal tersebut mendorong Dinas KBPP Kabupaten Pasuruan untuk membuat inovasi program SAKERA JEMPOL guna mengurangi tingkat kekerasan dan membantu korban untuk pemulihan, serta dapat kembali berinteraksi dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran UPTD-PPA dalam program Sakera Jempol, serta pengarusutamaan gender terhadap kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Pasuruan. Pada penelitian ini menggunakan konsep pengarusutamaan gender dan konsep kekerasan berbasis gender di rumah tangga oleh Ani Purwanti, serta menggunakan konsep pendampingan korban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Penelitian ini melakukan wawancara dengan beberapa informan yang terlibat dalam program Sakera Jempol dan penanganan yang dilakukan. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data termasuk dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil wawancara dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengarusutamaan gender dalam KDRT benar-benar terjadi, mulai dari pelaksanaan, perencanaan, dan evalusi. Fenomena kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Pasuruan dilatarbelakangi oleh masalah perekonomian, perselingkuhan, dan ketidakcocokan. UPTD-PPA dalam Program Sakera Jempol sangat berperan aktif dalam membantu korban KDRT maupun korban kekerasan lainnya. Program ini juga menyadarkan masyarakat pentingnya kesetaraan gender dan keadilan gender di masyarakat. Program ini juga membuktikan bahwa meskipun banyak korban adalah seorang perempuan, namun perempuan tersebut dapat hidup mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Wulan Nurwulanhamidah123@gmail.comE94219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Gender
Politik
Politik > Politik Islam
Keywords: UPTD-PPA; Sakera Jempol; kekerasa dalam rumah tangga; Kabupaten Pasuruan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Wulan Nur Hamidah
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:59
Last Modified: 24 Jan 2024 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67742

Actions (login required)

View Item View Item