Relevansi filsafat etika Ibnu Miskawaih dalam pergeseran unggah-ungguh pada pergaulan generasi muda di tongkrongan (Studi kasus pada tongkrongan warung kopi Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnadi, Achmad Rafli (2024) Relevansi filsafat etika Ibnu Miskawaih dalam pergeseran unggah-ungguh pada pergaulan generasi muda di tongkrongan (Studi kasus pada tongkrongan warung kopi Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Rafli Isnadi_07020120022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Achmad Rafli Isnadi_07020120022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pergeseran unggah-ungguh terkait dengan tongkrongan generasi muda. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah, yaitu: pertama, Apa faktor membuat perubahan unggah-ungguh dalam pergaulan generasi muda dalam tongkrongan? Kedua, Bagaimana merelevansikan ajaran etika Ibnu Miskawah pada perubahan unggah-ungguh pada pergaulan generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapatkan dari metode library research dan wawancara pada narasumber di warung kopi (warung kopi pelangi Jemundo, warung kopi lek Chen Ganting, dan warung kopi lesehan pinggir sungai makam mbah ud pagerwojo). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori filsafat etika Ibnu Miskawaih. Riset menemukan bahwa pertama, menemukan bahwasannya pergseran unggah-ungguh pada generasi muda terjadi karena banyak di antara mereka berargumen bahwa banyak dari kalangan orang yang lebih tua dari mereka tidak bisa dijadikan panutan, bahkan mereka beranggapan orang yang lebih tua di sekitar mereka banyak juga yang tidak mengimplementasikan unggah-ungguh sehingga banyak generasi muda meniru mereka. Kedua, adanya kesenjangan sosial anatara anak dengan orang tua. Ketiga, yaitu banyak dari orang dewasa tidak mau memberi tahu bahwa apa yang sedang dilakukan oleh generasi muda itu kurang pas dengan unggah-ungguh yang di ajarakan oleh orang tua dahulu, sehingga banyak generai muda sekarang meyakini bahwasanya perilaku yang dia lakukan sudah benar. Dari kedua riset ini membuktikan bahwasannya terjadinya pergeseran unggah-ungguh yang terjadi pada generasi muda disebabkan dari orang dewasa yang berada pada lingkungan mereka kemudian generai mengimplementasikan perilaku tersebut seolah-olah sudah pas dengan unggah-ungguh. kempat, kurangnya edukasi yang terarah dari orang dewasa, ketika generasi muda melakukan perilaku yang kurang pas keba8nyakan orang dewasa hanya memarahi saja tanpa adanya pengarahan kepada perilaku yang tepat, dari hal ini banyak generasi muda lambat dalam mengintropeksi dirinya snediri atas kesalahannya, bahkan mereka menganggap bahwa sedikit-sedikit di salahkan. dari keempat sub permasalahan ini akan dianalisis dengan teori dari filsafat etika Ibnu Miskawaih sehingga menemukan jalan tengah bagaimana mengatasi masalah-masalah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnadi, Achmad Rafli07020120022@student.uinsby.ac.id07020120022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaad, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo.com2028096101
Subjects: Adab
Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Pergeseran unggah ungguh; filsafat etika ibnu miskawaih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: rafli isnadi
Date Deposited: 31 Jan 2024 05:11
Last Modified: 31 Jan 2024 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67743

Actions (login required)

View Item View Item