Riyaḍah khataman al-Qur’an dan kualitas hafalan al-Qur’an santri: studi living qur’an di pondok pesantren Riyadlul Qur’an Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qurratina, Noor Shania (2024) Riyaḍah khataman al-Qur’an dan kualitas hafalan al-Qur’an santri: studi living qur’an di pondok pesantren Riyadlul Qur’an Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noor Shania Qurratina_07010320023 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Noor Shania Qurratina_07010320023 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kegiatan riyāḍah khataman al-Qur’an di pondok pesantren Riyadlul Qur’an Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejarah dan praktik, makna riyāḍah khataman al-Qur’an menurut santri pondok pesantren Riyadlul Qur’an Mojokerto serta relevansinya dengan peningkatan kualitas hafalan al-Qur’an santri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggabungkan antara teori living qur’an dan sosiologi. Seluruh pembahasan yang telah dipaparkan dalam penelitian ini dapat disimpulkan menjadi beberapa poin penting, yakni: 1) Adapun praktik dari kegiatan riyāḍah khataman al-Qur’an di pondok pesantren Riyadlul Qur’an Mojokerto ialah melakukan khataman al-Qur’an bil ghaib selama 41 hari dengan dua tahap, 41 hari pertama disertai dengan puasa biasa kemudian 41 selanjutnya disertai dengan puasa mutih. Program ini diwajibkan bagi santri yang sudah khatam setoran 30 juz dan ingin mendapatkan sanad serta shahadah. 2) Makna riyāḍah khataman al-Qur’an dibedakan menjadi 3 bagian, yakni makna objektif, makna ekspresif, dan makna dokumenter. Adapun relevansi makna riyāḍah khataman al-Qur’an dengan peningkatan kualitas hafalan al-Qur’an santri sesuai kandungan dalam surah Al-Qiya>mah ayat 16 sampai 19 dan surah Al-Furqa>n ayat 32 ialah dengan membiasakan santri untuk membaca al-Qur’an dengan jelas dan tenang (tidak tergesa-gesa) dan memurajaah (mengulangi-ulangi) hafalannya setiap hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qurratina, Noor Shania07010320023@student.uinsby.ac.id07010320023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Al Qur'an
Sosiologi
Tafsir
Keywords: Makna; Riyah Khataman Al-Qur’an; Kualitas Hafalan Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Noor Shania Qurratina
Date Deposited: 26 Jan 2024 05:40
Last Modified: 26 Jan 2024 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67770

Actions (login required)

View Item View Item