Implementasi pembinaan Akhlak Konsep Tri Sukses Generasi Penerus di Lembaga Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Riyadlul Jannah Mojokerto : tinjauan teori praktik Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Lila Faqih Azi Nor (2023) Implementasi pembinaan Akhlak Konsep Tri Sukses Generasi Penerus di Lembaga Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Riyadlul Jannah Mojokerto : tinjauan teori praktik Bourdieu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lila Faqih Azi Nor Rohmah_10040320090 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lila Faqih Azi Nor Rohmah_10040320090 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pembinaan akhlak dengan menerapkan konsep Tri Sukses Generasi Penerus di PKPPS Riyadlul Jannah tingkat ula, dengan penekanan pada tinjauan teori praktik Pierre Bourdieu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembinaan akhlak konsep tri sukses di PKPPS Riyadlul Jannah tingkat ula serta mengetahui keberhasilan pembinaan akhlak yang diterapkan. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, yakni kepala sekolah, guru, dan ustadz di Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Riyadlul Jannah. Data yang dihimpun adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang telah dihimpun dianalisis melalui reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa implementasi pembinaan akhlak terjadi melalui proses penentuan tujuan, metode, kegiatan, dan evaluasi. Proses ini berjalan sebagai penunjang keberhasilan pembinaan akhlak. Metode pembinaan akhlak terdiri atas teladan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan pemberian reward punishment. Siswa mengikuti kegiatan pembinaan dengan spontan tanpa adanya paksaan karena adanya metode pembiasaan. Pembiasaan ini meliputi pembiasaan shalat sunnah dan wajib, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, berdzikir setelah shalat, jujur salam berbicara dan bersikap serta disiplin. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PKPPS untuk menunjang pembinaan akhlak yaitu Festival Anak Sholeh (FAS) sebagai bentuk evaluasi atas pembelajaran agama Islam, Market Day sebagai penunjang kemandirian siswa dalam kewirausahaan, dan juga PERSINAS ASAD sebagai bentuk kemandirian dalam melindungi diri dari ancaman diluar. Pembinaan yang dilaksanakan di PKPPS Riyadlul Jannah tingkat ula berhasil dilaksanakan hal ini dibuktikan dengan 1) hasil rapor siswa yang menunjukkan prosentasi tinggi dalam seluruh nilai sikap akhlakul karimah 2) observasi peneliti yang melihat akhlak siswa cenderung baik dalam akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, maupun akhlak terhadap alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Lila Faqih Azi Norlilafaqohazi2001@gmail.com10040320090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pembinaan; Akhlak; PKPPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Lila Faqih Azi Nor Rohmah
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:21
Last Modified: 25 Jan 2024 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67771

Actions (login required)

View Item View Item