Peran K.H. Abdul Rozak dalam menegakkan agama Islam di desa Klotok Plumpang Tuban (1965-2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Has, M. Hamdan (2023) Peran K.H. Abdul Rozak dalam menegakkan agama Islam di desa Klotok Plumpang Tuban (1965-2017). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hamdan Has_A92219097.pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Hamdan Has_A92219097 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran K.H. Abdul Rozak dalam menegakkan agama Islam di desa Klotok Plumpang Tuban. Adapun permasalahan yang dibahas pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana gambaran umum desa Klotok Plumpang Tuban? (2) Bagaimana riwayat hidup K.H. Abdul Rozak? (3) Bagaimana strategi K.H. Abdul Rozak dalam menegakkan agama Islam di desa Klotok? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang meliputi proses Heuristik (pengumpulan data), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran), dan Historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini menggunakan pendekatan Historis untuk megetahui dan mendeskripsikan suatu kejadian di masa lampau dan pendekatan Sosiologi untuk mengamati peran sebuah golongan, hubungan sosial, status sosial, dan sebagainya. Penelitian ini memakai teori tindakan yang dikemukakan oleh Talcot Parson berupa sebuah tingkahlaku yang dilakukan secara subjektif yang bertujuan untuk merubah kebiasaan buruk menjadi suatu kebiasaan yang ideal. Kemudian dilanjut teori peranan yang dikemukakan oleh Soejono Soekanto berupa peran seseorang sesuai kedudukan atau jabatan untuk melaksanakan kewajiban sesuai peranannya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) Desa Klotok merupakan desa yang berada di wilayah kecamatan Plumpang, kabupaten Tuban, yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam dengan penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai petani. (2) K.H. Abdul Rozak merupakan seorang kiai lulusan pondok pesantren yang giat dan semangat dalam organisasi serta gemar menulis karya berupa catatan-catatan sejarah. (3) K.H. Abdul Rozak menggunakan tiga strategi dakwah dalam menegakkan agama Islam di desa Klotok yaitu: a. melakukan dakwah dalam bidang pendidikan, b. melakukan dakwah dengan masuk dalam organisasi dibawah naungan pemerintah desa, c. mengusulkan konsolidasi mubalig dengan Ia juga turut serta dalam menyebarkan agama Islam di wilayahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Has, M. Hamdanhamdanhas17@gmail.comA92219097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Agama > Biografi Tokoh
Pendidikan Islam
Keywords: Gambaran umum desa; K.H. Abdul Rozak; riwayat; peran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: M. Hamdan Has
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:03
Last Modified: 25 Jan 2024 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67781

Actions (login required)

View Item View Item