Terapi sholawat dalam menurunkan tekanan batin pada masyarakat perkotaan studi kasus di majelis Rasulullah SAW Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulaiman, Irwanto (2024) Terapi sholawat dalam menurunkan tekanan batin pada masyarakat perkotaan studi kasus di majelis Rasulullah SAW Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irwanto Sulaiman_07040620074.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Irwanto Sulaiman_07040620074_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bentuk terapi sholawat yang diaplikasikan dalam Majelis Rasulullah SAW dan dampaknya terhadap penurunan tingkat tekanan batin pada masyarakat perkotaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi terhadap lima partisipan laki-laki. Bentuk terapi sholawat dalam Majelis Rasulullah melibatkan berbagai praktik, termasuk penggunaan maulid Addhiyaullami, ratib al haddad, dan sesi renungan yang dipimpin oleh Habib Idrus. Maulid Addhiyaullami memberikan dimensi pengagungan dan peringatan terhadap kehidupan serta sifat-sifat mulia Nabi Muhammad. Ratib al haddad menciptakan suasana spiritual yang mendalam, sedangkan sesi renungan mengajak jamaah untuk merefleksikan perbuatan tercela dan dosa, serta bertaubat kepada Allah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi sholawat dalam Majelis Rasulullah memiliki dampak positif dalam menurunkan tingkat tekanan batin masyarakat perkotaan. Tiga aspek utama yang membawa pengaruh signifikan adalah Qauliyah (suara, irama, dan bacaan), Fi’liyah (gerakan, posisi tubuh, dan sikap), dan Qolbiyah (kecintaan, keyakinan, dan penghayatan). Aspek Qauliyah mampu menginduksi relaksasi kesadaran indra, Fi'liyah memberikan dampak relaksasi pada otot subjek, dan Qolbiyah memicu relaksasi hipnosa pada subjek. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas terapi sholawat dalam mengelola tekanan batin masyarakat perkotaan, khususnya di lingkungan Majelis Rasulullah SAW. Temuan ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang intervensi keagamaan untuk meningkatkan kesejahteraan mental individu dalam menghadapi tekanan hidup di perkotaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulaiman, Irwanto07040620074@student.uinsby.ac.id07040620074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Terapi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Terapi sholawat; tekanan batin; masyarakat perkotaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Irwanto Sulaiman
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:32
Last Modified: 25 Jan 2024 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67808

Actions (login required)

View Item View Item