Studi komparasi keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di luar pulau Jawa (2001-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramono, Dio Safero (2023) Studi komparasi keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di luar pulau Jawa (2001-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dio Safero Pramono_05040620035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dio Safero Pramono_05040620035_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki judul tentang Studi Komparasi Keberhasilan Rukyatulhilal Antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa (2001-2019 M). Skripsi ini juga menyampaikan permasalahan yang berisi tentang komparasi keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa pada tahun 2001-2019. Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui rukyatulhilal di berbagai wilayah Indonesia dan agar mempermudah masyarakat dalam mencari informasi terkait dengan rukyatulhilal. Rumusan masalah yang penulis buat adalah Bagaimana persentase keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa (2001-201), dan Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa (2001-2019). Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan oleh penulis. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang dilakukan seorang peneliti untuk mempelajari kondisi alam suatu obyek, dimana peneliti sebagai instrumen utamanya, memahami dan mengetahui situasi dan keadaan pada suatu fenomena. Dalam pengumpulan data yang digunakan Penulis adalah dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi disini merupakan pengumpulan data-data yang ada, sedangkan untuk wawancara yang sering digunakan penulis, karena dari situlah penulis mendapatkan informasi dari para perukyat, dari kating, maupun dari temen. Penulis disini melakukan wawancara dengan melalui via online / whatsapp, dan datang ke tempatnya. Hasil penelitian ini mencakup beberapa pembahasan yaitu: pertama, membahas tentang definisi rukyatulhilal serta dasar-dasar hukum rukyatulhilal, yang kedua membahas tentang persentase keberhasilan rukyatulhilal antar Jawa dan Luar Pulau Jawa (2001-2019), yang ketiga membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan rukyatulhilal. Studi komparasi rukyatulhilal antara Jawa dan Luar Pulau Jawa pada tahun 2001-2019 merupakan jumlah keseluruhan perbandingan yang berhasil merukyat antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa yakni sekitar 1,62% untuk jumlah keberhasilan yang ada di Jawa dan Luar Pulau Jawa. Jika dirinci kembali untuk Jawa 0,62%, sedangkan untuk Luar Pulau Jawa 0,375%. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan rukyatulhilal adalah cuaca, perukyat, alat dan masih banyak lagi yang sangat mempengaruhi keberhasilan rukyatulhilal. Dapat disimpulkan bahwa skripsi ini membahas tentang studi komparasi keberhasilan rukyatulhilal. Pada pembahasan ini tidak hanya membahas tentang perbandingan saja, tetapi membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan rukyatulhilal. Perbandingan ini tidak hanya berdasarkan dengan jumlah angka saja, tetapi bisa juga tentang faktor-faktor nya. Ada beberapa para perukyat yang mengetahui faktor-faktor keberhasilan rukyatulhilal antara Jawa dan di Luar Pulau Jawa (2001-2019) antara lain: Bapak Muhyiddin (Gresik), Bapak Inwanuddin (Gresik), Bapak Ricky Maulana (Madura), dan Bapak Agus Triono (Makassar).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramono, Dio Saferodiosafero123@gmail.com05040620035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Al Qur'an
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Falak
Keywords: Rukyatulhilal; komparasi; Jawa dan luar Jawa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: dio pramono
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:17
Last Modified: 05 Feb 2024 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67816

Actions (login required)

View Item View Item