Fenomena pernikahan di usia muda dan potensi disharmonis rumah tangga di desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Novada Bunga Ramadhana (2023) Fenomena pernikahan di usia muda dan potensi disharmonis rumah tangga di desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novada Bunga Ramadhana Hidayah_10020320059 OK.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Novada Bunga Ramadhana Hidayah_10020320059 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pernikahan di usia muda terjadi pada saat pasangan melakukan pernikahan pada usia muda. Fokus penelitian atau rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Mengapa fenomena pernikahan muda banyak terjadi di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik? 2) Bagaimana pernikahan muda dapat menyebabkan timbulnya masalah dalam keharmonisan rumah tangga? 3)Bagaimana upaya pencegahan meningkatnya pernikahan muda di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : 1)Ingin mengetahui dan memahami faktor penyebab banyaknya fenomena Gresik. 2)Ingin mengetahui dan memahami masalah yang ditimbulkan jika melakukan pernikahan muda bagi keharmonisan rumah tangga. 3)Ingin mengetahui dan memahami upaya pencegahan meningkatnya pernikahan muda di Gresik.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Ada pun sumber data yang di peroleh dari pengumpulan pengumpulan data dengan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan teori yang relevan yakni Teori Tindakan sosial yang dikemukakan Max Weber. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan yakni : 1) fenomena pernikahan muda banyak terjadi Di Desa Pulopancikan karena faktor dorongan orang tua, keinginan sendiri, dan suatu kecelakaan. 2) masalah yang timbul dari adanya pernikahan muda dapat berupa perdebatan dan percekcokkan dalam rumah tangga, faktor ekonomi, bahkan menyebabkan perceraian. 3) Upaya pencegahan terjadinya pernikahan di usia muda dapat dengan melakukan sosialisasi kepada anak muda tentang dampak yang ditimbulkan Ketika melakukan pernikahan di usia muda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Novada Bunga RamadhanaNoovadabungarh@gmail.com10020320059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, AmalAmaltaufiq70@gmail.com--
Subjects: Keluarga > Keluarga Berencana
Sosiologi
Keywords: Pernikahan Di Usia Muda; Potensi Disharmonis Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Novada Bunga Ramadhana Hidayah
Date Deposited: 25 Jan 2024 22:20
Last Modified: 25 Jan 2024 22:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67819

Actions (login required)

View Item View Item