Peran Industri Rumahan Konveksi Reni Jaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizal, Nuri Yussofa (2024) Peran Industri Rumahan Konveksi Reni Jaya dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuri Yussofa Rizal_ G71217048 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nuri Yussofa Rizal_ G71217048 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Industri Rumahan Konveksi Reni Jaya Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan” ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sentra industri konveksi dan sablon desa tritunggal dan peran industri konveksi dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Tritunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif melalui penjabaran deskriptif. Sumber data primer yang digunakan oleh Penulis bersumber dari H. Kisbul pemilik konveksi pakaian yang ada di Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan beserta para pekerjanya atau karyawannya. Sumber data sekundernya adalah sumber data lainya yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Penulis menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan induktif teknik analisis data yang digunakan pada. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pertama, Industri rumahan konveksi di Desa Tritunggal menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, terutama ibu rumah tangga. Hal ini membantu meningkatkan pendapatan keluarga dan perekonomian Desa Tritunggal secara keseluruhan. Kedua, Peran industri rumahan konveksi di Desa Tritunggal berjalan dengan baik karena tidak hanya meningkatkan ekonomi para pemilik usaha, tetapi juga membantu masyarakat sekitar. Industri ini memberikan peluang kerja bagi ibu-ibu rumah tangga dan masyarakat dengan pendidikan terbatas, sehingga mereka dapat memanfaatkan waktu luang mereka dan menjadi produktif. Saran yang diberikan oleh penulis setelah melakukan penelitian ini, Disarankan agar pemerintah daerah mendukung kehadiran industri konveksi rumahan di Desa Tritunggal dengan memberikan bantuan modal, memanfaatkan sekolah setempat untuk memberikan pelatihan menjahit kepada siswa, dan mendorong pemilik usaha, pengusaha, dan karyawan untuk menjaga hubungan yang baik dan memberikan upah yang adil dan tepat waktu, sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, guna memperkuat perekonomian masyarakat setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizal, Nuri Yussofanuriyussofarizal121@gmail.comG71217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Industri Kecil
Keywords: Rumah industri; konveksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nuri Yussofa Rizal
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:15
Last Modified: 25 Jan 2024 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67826

Actions (login required)

View Item View Item