Konstruksi sosial dalam perayaan Mawlid Nabi perspektif Hukum Adat dan Hukum Islam di Desa Tamberu Daya Kecamatan Sokobanah Tengah Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhan, Moh. (2023) Konstruksi sosial dalam perayaan Mawlid Nabi perspektif Hukum Adat dan Hukum Islam di Desa Tamberu Daya Kecamatan Sokobanah Tengah Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Subhan_05040520055 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moh. Subhan_05040520055 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fokus utama skripsi ini mengkaji tentang konstruksi sosial dalam perayaan mawlid nabi di desa Tamberu Daya Kecamatan Sokobanah Tengah Kabupaten Sampang. Perayaan ini menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Namun dalam pelaksanaannya beragam, sesuai dengan keyakinan dan kebiasaan masyarakat yang ada di sana. Tujuan utama dalam skripsi ini untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana konstruksi sosial pada perayaan mawlid nabi perspektif hukum adat, hukum Islam, serta perbedaan dan persamaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah empiris, dan data yang digunakan adalah data primer dengan didukung dengan data sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara. Pertama, wawancara melalui penelitian lapangan (field research). Kedua, penelitian kepustakaan (library research) untuk mendapatkan data sekunder. Pada penelitian ini terdapat tiga kesimpulan. Pertama, perayaan mawlid nabi menurut hukum Islam di desa Tamberu daya adalah sebuah kegiatan yang boleh dilakukan dan pelaksanaannya satu kali pada tanggal 12 bulan Rabī’ul Awwal . Kedua, perayaan mawlid nabi menurut hukum adat di desa Tamberu daya adalah wajib sebagai haul nabi dan pelaksanaannya full dalam satu bulan bahkan lebih dari bulan Rabī’ul Awwal itu sendiri. Ketiga, persamaan yang terkandung adalah dimana niat mereka sebagai bentuk rasa cinta syukur dan perbedaannya adalah terletak pada praktek pelaksanaannya. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi bagi sebuah permasalahan di atas sebagai suatu bentuk kepedulian antara sesama dan sebagai pernyataan dalam bentuk implementasi dari rasa toleransi. Adanya perayaan mawlid nabi diharapkan dapat mempererat kecintaan kepada Nabi Muhammad melalui peneladanan tingkah perilakunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhan, Moh.05040520055@student.uinsby.ac.id05040520055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Budaya Islam > Haul
Budaya Islam
Perbandingan Madzhab
Keywords: Maulid Nabi; Perayaan hari besar islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Subhan Moh.
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:37
Last Modified: 02 Feb 2024 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67832

Actions (login required)

View Item View Item