فعالية تعليم متمايز بناءً على الذكاءات المتعدّدة لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ١ سيدوارجو Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan majemuk untuk meningkatkan keterampilan membaca pada Siswa Kelas VIII Di MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatillah, Saudati Alfira (2024) فعالية تعليم متمايز بناءً على الذكاءات المتعدّدة لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ١ سيدوارجو Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan majemuk untuk meningkatkan keterampilan membaca pada Siswa Kelas VIII Di MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saudati Alfira Rahmatillah_06010220015 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Saudati Alfira Rahmatillah_06010220015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keterampilan membaca sebelum menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis multiple intelligence pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran diferensiasi keterampilan membaca berbasis kecerdasan majemuk bagi siswa kelas VIII di VIII di MTsN 1 Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berdiferensiasi berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VIII di di MTsN 1 Sidoarjo. Metode peneliti yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengetahui dan mengklasifikasikan jenis-jenis kecerdasan siswa. Peneliti mengambil sampel secara purposive dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang pada siswa kelas B.Hasil analisis data menggunakan uji (Anova Two Ways). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Sig. Nilainya mencapai 0,274 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan keterampilan membaca. Namun untuk hasil N-Gain, kelompok model pembelajaran berdiferensiasi mempunyai hasil lebih tinggi dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,107 dibandingkan model pendidikan konvensional yang mempunyai rata-rata skor N-Gain sebesar -2,48. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan hasil pendidikan setiap siswa pada kelompok dengan model pembelajaran berdiferensiasi “lebih baik” meskipun keduanya masih dalam kategori yang sama yaitu kategori “rendah”. Dalam hal ini,dari ke tiga kecerdasan yang telah diujicobakan, maka efektivitas pembelajaran berdiferensiasi berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan keterampilan membaca di kelas VIII di MTs N 1 Sidoarjo 1 Sidoarjo lebih efektif pada tipe kecerdasan musikal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatillah, Saudati Alfira06010220015@student.uinsby.ac.id06010220015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah78@gmail.com2012067802
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; multiple intelligence; keterampilan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Saudati Alfira Rahmatillah
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:40
Last Modified: 19 Jul 2024 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67834

Actions (login required)

View Item View Item