Ayat potong tangan dalam alQuran perspektif tafsir maqasidi: studi tafsir at Tahrir wa Tanwir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Muhammad Taufic Hidayat (2023) Ayat potong tangan dalam alQuran perspektif tafsir maqasidi: studi tafsir at Tahrir wa Tanwir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Taufic Hidayat Saputra_E93216133 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Taufic Hidayat Saputra_E93216133 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Di era kontemporer ini berbagai macam hal telah terjadi perubahan terutama pada sosial dan budaya. Alquran memiliki peran sebagai pemilik pesan-pesan yang benar-benar teraktualisasikan. Dan tidak menegasi tujuannya sebagai hudan linna>s (petunjuk bagi manusia). Agar tidak terjadi kesenjangan antara yang di idealkan Alquran dengan kondisi realitas kontemporer. Ibnu Ashur merupakan salah satu mufassir kontemporer merespon adanya permasalahan ini didalam kitab tafsir nya. At Tahrir wa Tanwir dengan pendekatan maqasidi. peneliti akan membahas tenteang bagaimana hukum potong tangan menurut pendapat Ibnu Ashur dalam kitabnya At-Tahrir wa Tanwir. Hukuman ini terjadi berawal dari adanya suatu perlakuan atau seseorang yang tidak sesuai dengan perilaku masyarakat semestinya. Salah satu yang akan dibahas oleh peneliti adalah adanya perilaku pencurian harta apapun. Setiap perilaku yang melanggar akan mendapatkan sangsi potong tangan berlaku bagi siapa saja yang telah mencuri harta bukan miliknya sendiri. Namun pencurian bukan hanya sebatas disebut pencurian saja, melainkan pencurian terjadi jika pelaku tersebut benar-benar sudah menguasai dan harta tersebut sudah dipakai untuk kepentingannya sendiri. Hukum potong tangan dapat dilakukan apabila telah mencapai nisab seperempat dinar menurut mayoritas ulama. Jika hukuman ini bertujuan memberikan efek jera kepada pelaku. Berpijak pada titik tekan penjerahan maka hukuman yang dilakukan terhadap pelaku pencurian dapat menggunakan cara lain. Karena pada prinsipnya tujuan universal Alquran berupa preventif terhadap tindak kejahatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Muhammad Taufic Hidayathidayattaufic403@gmail.comE93216133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanenel@gmail.com199003042015031004
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Agama > Biografi Tokoh
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Ibnu Ashur; Tafsir At Tahrir wa Tanwir; hukum potong tangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: muhammad taufic
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:41
Last Modified: 25 Jan 2024 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67837

Actions (login required)

View Item View Item