Sertifikasi halal pelaku usaha mikro pada kantin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kampus A. Yani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatwa, Fauza (2024) Sertifikasi halal pelaku usaha mikro pada kantin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya kampus A. Yani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauza Fatwa_08040420119 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fauza Fatwa_08040420119 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Sertifikasi halal sangat merupakan suatu hal yang menarik karena terdapat suatu aturan yang telah tercantum pada UU No. 33 Tahun 2014 Pasal 4 yaitu suatu produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib memiliki suatu sertifikat halal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari sebuah problematika dengan adanya suatu urgensi pada UU No. 33 Tahun 2014 Pasal 4 terkait produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan pada Indonesia wajib memiliki sertifikat halal. Peneliti memfokuskan pada lingkungan yaitu pada Kantin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Kampus A. Yani yang mayoritas warganya beragama Islam dan semestinya mengutamakan suatu produk dari segi kehalalannya dan untuk membuktikan hal tersebut diperlukan sebuah sertifikat halal, akan tetapi masih ada pelaku Usaha Mikro yang belum memiliki sertifikat halal yang semestinya hal tersebut tidak terjadi karena UINSA sendiri telah memiliki sebuah lembaga halal. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dengan jenis Field Research (lapangan) dengan mengamati cara pengolahan dan penyajian produk makanan atau minuman yang dijual oleh setiap pelaku Usaha Mikro yang ada pada kantin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Kampus A. Yani. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu terkait pemahaman produk halal, pemahaman sertifikasi halal dan proses sertifikasi halal yang terjadi pada pelaku Usaha Mikro Kantin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Kampus A. Yani. Penelitian ini menghasilkan bahwa pelaku Usaha Mikro Kantin UINSA Kampus A. Yani belum sepenuhnya memahami terkait produk halal yang mayoritas mereka mengetahui bahwa produk dapat dikatakan halal dapat dilihat dari segi cara memperoleh dan cara penyajian saja, yang seharusnya produk dapat dikatakan halal jika dilihat dari segi zat, cara memperoleh, cara pengolahan, dan cara penyajian. Hasil penelitian terkait pemahaman sertifikat halal bahwa sebagian besar pelaku Usaha Mikro Kantin UINSA Kampus A. Yani telah memahami dengan benar terkait sertifikat halal baik dari segi logo halal, dan manfaat sertifikat halal. Hasil penelitian terkait proses sertifikat halal yang terjadi pada pelaku Usaha Mikro Kantin UINSA Kampus A. Yani bahwa proses sertifikat halal telah berjalan sesuai prosedur, Halal Center UINSA telah mengunjungi satu persatu pada pelaku Usaha Mikro untuk pengajuan sertifikat halal. Penelitian ini merekomendasikan kepada Halal Center UINSA melakukan penyuluhan ulang terkait pengajuan sertifikat halal pada pelaku Usaha Mikro yang baru berjualan di Kantin UINSA Kampus A. Yani dan diharapkan bagi pelaku Usaha Mikro untuk dapat bekerja sama ketika dilakukan pengajuan sertifikat yang dilakukan oleh Staff Halal Center UINSA

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatwa, Fauzauzafatwa02@gmail.com08040420119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustianto, Mochammad Andremochammad.andre@uinsby.ac.id2011089003
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Produk Halal; Sertifikasi Halal; Usaha Mikro
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauza Fatwa
Date Deposited: 25 Jan 2024 14:14
Last Modified: 25 Jan 2024 14:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67841

Actions (login required)

View Item View Item