Hubungan antara Psychological Well-Being Dan Self Regulated Learning dengan prestasi belajar Pai Santri penghafal Al-Qur'an Di Ppsq Asy-Syadzili 1 Sumber Pasir Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farizy, Fairuz Zubady Al- (2023) Hubungan antara Psychological Well-Being Dan Self Regulated Learning dengan prestasi belajar Pai Santri penghafal Al-Qur'an Di Ppsq Asy-Syadzili 1 Sumber Pasir Malang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fairuz Zubady Al farizy_02040820018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Fairuz Zubady Al farizy_02040820018 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak pernyataan muncul di mata publik jika para penghafal Al-Qur'an akan lemah dalam prestasi belajar. Padahal meraih prestasi tidak bisa dipisahkan dari latihan belajar, karena belajar adalah siklus, sedangkan prestasi belajar adalah efek samping dari siklus yang dilakukan oleh peserta didik. Dalam perkembangannya, ada dua hal yang diduga memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik, pertama adalah psychological well-being (kesejahteraan psikologis), yang merupakan kondisi individu yang ditandai dengan adanya perasaan bahagia, mempunyai kepuasan hidup dan tidak ada gejala-gejala depresi. Kemudian yang kedua adalah Self regulated learning, yakni pembelajaran mandiri atau pembelajaran yang dikelola oleh dirinya sendiri untuk menumbuhkan motivasi dan pengembangan diri. Kedua hal tersebut secara definitif memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini yakni mengetahui Hubungan Antara Psychological Well-Being Dan Self Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar PAI Santri Penghafal Al-Qur'an Di PPSQ Asy-Syadzili 1 Sumber Pasir Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian lapangan (field research) ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasi product momen Karl Pearson dan analisis regresi linier berganda. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 Santri Penghafal Al-Qur'an di PPSQ Asy-Syadzili 1 Sumber Pasir Malang. Untuk mengolah dan menganalisis data, peneliti menggunakan software SPSS versi 22.0
Hasil penelitian ini diketahui bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara psychological well-being terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari nilai r square sebesar 0,218 lebih kecil dari r tabel yaitu 0,349 (0,218<0,349) dan dari nilai signifikansi sebesar 0,247 > 0,05. Selanjutnya self regulated learning tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) antara variabel X2 dengan Y adalah 0,90 > 0,05 dan diketahui nilai r hitung adalah 0,315 < 0,349. Dan terakhir, hubungan antara psychological well-being dan self regulated learning dengan prestasi belajar PAI santri penghafal al-qur'an di ppsq asy-syadzili 1 sumber pasir malang menunjukkan hasil penelitian bahwa nilai Fhitung lebih kecil dari Ftabel (2,664 < 2,92), artinya psychological well-being dan self regulated learning secara simultan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farizy, Fairuz Zubady Al-fairuzzubady1@gmail.com02040820018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Belajar
Psikologi Belajar
Santri
Keywords: Psychological Well-Being; Self Regulated Learning; Prestasi Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with username 02040820018
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:37
Last Modified: 15 Jan 2024 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67842

Actions (login required)

View Item View Item