Fenomena pelecehan seksual virtual pada mahasiswa surabaya di media sosial telegram melalui Bot Anonymous Chat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Fanny Dwi (2023) Fenomena pelecehan seksual virtual pada mahasiswa surabaya di media sosial telegram melalui Bot Anonymous Chat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanny Dwi Agustin_10020320041 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fanny Dwi Agustin_10020320041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Media Sosial terutama yang bergerak dibidang komunikasi memiliki dampak yang dapat mempengaruhi masyarakat sehingga dapat memunculkan sebuah persepsi dan menyebabkan terjadinya tindakan menyimpang.Hal ini diperkuat dengan banyaknya jumlah pengguna medai sosial di Indonesia yang menyebabkan banyak kemungkinan masyarakat akan lebih mudah terpengaruh oleh budaya ataupun tindakan menyimpang yang sering mereka terima melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis fenomena pelecehan seksual secara virtual yang terjadi dalam media komunikasi online yakni fitur chatbot dalam telegram. Untuk menemukan hasil yang akurat penelitian ini akan menggunakan teori kontrol sosial Travis Hirschi yang memahami terkait sebab terjadinya sebuah prilaku menyimpang secara umum. Serta menggunakan teori differential association Edwin Hardin Sutherland teori ini menjelaskan mengenai prilaku menyimpang melalui proses interkasi dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis secara mendalam terkait fenomena yang dikaji. Untuk mendapatkan data penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan narasumber mahasiswa di Surabaya. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pelecehan seksual di bot annymous chat dapat terjadi sebab kekosongan kontrol pada pengoprasian setiap aktivitas di bot tersebut.Hal ini dapat terjadi juga disebabkan anonimitas dan keamanan bagi para pelaku cukup tinggi sebab kerahasiaan identitas dari pengguna bot anonymous chat ini juga sangat tinggi. Tidak hanya itu dampak yang diterima oleh korban terjadi mulai dari skala ringan dan berat terutama pengaruh terhadap lingkungan sosialnya dan interkasinya di media sosial maupun di dunia nyata.Kesadaran masyarakat hendaknya mulai dibangun untuk menghindari berkembangnya fenomena pelecehan seksual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Fanny DwiFannyagustin47@gmail.com10020320041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Masalah sosial
Keywords: Anonymous chatbot telegram; media sosial; pelecehan seksual
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fanny Dwi Agustin
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:46
Last Modified: 29 Jan 2024 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67850

Actions (login required)

View Item View Item