Pemodelan tingkat pengangguran terbuka di provinsi Jawa Timur menggunakan metode spatial autoregressive (SAR)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santi, Eka Eliyana (2024) Pemodelan tingkat pengangguran terbuka di provinsi Jawa Timur menggunakan metode spatial autoregressive (SAR). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Eliyana Santi_H02219006.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Eka Eliyana Santi_H02219006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur mencapai 5,49% tahun 2022 lebih tinggi dari targert yang capai dari pemerintah Jawa Timur sebesar 5,00% sehingga memerlukan perhatian serius dari pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi berdasarkan aspek kewilayahan terhadap penyebaran Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur dengan menggunakan metode SAR. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur. Variabel respons utama dalam penelitian ini adalah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jawa Timur pada tahun 2022, sementara variabel bebasnya mencakup Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Rata-rata Lama Sekolah, Jumlah Penduduk, Jumlah Penduduk Miskin, Pertumbuhan Ekonomi, dan Angka Harapan Hidup. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear yang dibandingkan dengan regresi spasial SAR. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2022 menampilkan pola persebaran yang bervariasi tergantung pada kategorinya. Kategori tinggi cenderung tersebar secara luas,sementara TPT kategori sedang menunjukkan kecenderungan pemusatan. Di sisi lain, kategori rendah menunjukkan persebaran yang lebih acak. Model SAR dengan pembobot queen contiguity terbukti lebih efektif dibandingkan dengan model regresi linear berganda. Hasil analisis menggunakan model SAR terdapat tingkat partisipasi angkatan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka sedangkan menggunakan metode regresi linear berganda ada 3 varibel yang signifikan yaitu Jumlah Penduduk, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja dan Angka Harapan Hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santi, Eka Eliyanaekaeliyana272@gmail.comH02219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@uinsby.ac.id2004028001
Thesis advisorYuliati, DianDIAN.YULIATI@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Matematika
Pengangguran
Statistik
Keywords: Jawa Timur; pengangguran; spatial autoregressive (SAR).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Eka Eliyana Santi
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:33
Last Modified: 05 Feb 2024 05:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67866

Actions (login required)

View Item View Item