Perilaku sosial penerima bantuan program keluarga harapan: studi pengentasan kemiskinan Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosanti, Dwi Alma (2023) Perilaku sosial penerima bantuan program keluarga harapan: studi pengentasan kemiskinan Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Alma Rosanti_10010320008 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dwi Alma Rosanti_10010320008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji perilaku sosial penerima bantuan Program Keluarga Harapan dalam penggunaan bantuan yang diterima dan dampak dari perilaku sosial penerima manfaat dalam penggunaan bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku sosial penerima bantuan Program Keluarga Harapan di Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini mengacu pada Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dimana data atau informasinya dapat ditemukan dalam bentuk transkip wawancara dan menggambarkan fenomena yang akan diteliti. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan dana bantuan oleh masyarakat penerima Program Keluarga Harapan sudah sesuai dengan sebagaimana yang telah diatur, namun masih terdapat keluarga penerima manfaat yang menggunakan bantuan untuk kebutuhan lain seperti untuk kebutuhan dapur, membayar hutang, menambah modal jualan. Motif penerima melakukan hal tersebut disebabkan oleh terlambatnya pencairan bantuan dan gaya hidup mereka. Kemudian, dampak dari perilaku sosial penerima manfaat dalam penggunaan bantuan yaitu biaya sekolah menunggak sehingga tidak dapat mengikuti ujian bagi penerima yang memiliki anak sekolah serta dikeluarkan dari kepesertaan PKH, terabaikannya komitmen atau dianggap tidak berkomitmen sesuai awal ditetapkannya menjadi penerima bantuan PKH.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosanti, Dwi Almadwialma39@gmail.com10010320008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Keluarga
Kemiskinan
Perilaku
Keywords: Kemiskinan; Perilaku Sosial; Program Keluarga Harapan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Dwi Alma Rosanti
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:01
Last Modified: 29 Jan 2024 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67904

Actions (login required)

View Item View Item