Mekanisme penetapan harga pada Bisnis Kuliner dalam Perpekstif Ibnu Taimiyyah: studi kasus pada usaha Takoyaki.Yak di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Sinta (2023) Mekanisme penetapan harga pada Bisnis Kuliner dalam Perpekstif Ibnu Taimiyyah: studi kasus pada usaha Takoyaki.Yak di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sinta Wahyuni_G04219074 OK.pdf

Download (989kB)
[img] Text
Sinta Wahyuni_G04219074 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Mekanisme penetapan harga adalah sebuah cara mempertimbangkan yang memiliki tujuan untuk menetapkan bagaimana sebuah barang yang dijualkan dapat laku di pasaran setelah terdapat interaksi penawaran dan permintaan serta dapat bersaing dengan bisnis lain.Penetapan harga merupakan hal yang paling penting pada dunia bisnis, yang paling utama yaitu untuk menjaga keberlangsungan operasional bisnis. Dengan adanya perencanaan yang baik maka dapat mewujudkan keinginan pemilik bisnis untuk menciptkan harga yang dapat diterima seluruh pihak yang akan ikut serta dalam bertransaksi.Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis tehadap mekanisme penetapan harga yang ada pada bisnis kuliner Takoyaki.yak di Sidoarjo dalam perspektif Ibnu Taimiyyah. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian bersifat kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pemilik, karyawan dan konsumen bisnis kuliner Takoyaki.yak. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan mekanisme penetapan harga yang dilakukan yaitu melalui proses perhitungan yang dilakukan pada saat proses produksi berlangsung ditambah dengan keuntungan yang ditentukan oleh pemilik bisnis dengan menghitung biaya yang digunakan untuk menutupi biaya operasionalnya. Sehingga dapat menciptakan harga yang sesuai dengan pemilik bisnis dan juga dapat diterima oleh pembeli. Dengan adanya faktor yang mempengaruhi dalam penetapan harga, penetapan yang dilakukan memiliki tujuan agar sifat adil dapat dirasakan oleh pihak penjual maupun pembeli. Hal tersebut terlihat pada saat pengambilan biaya bahan baku dengan eceran tertinggi namun masih bisa bersaing dengan baik tanpa merusak harga di pasaran dan harga yang ditetapkan dapat diterima oleh pembeli, meksipun terhitung harga yang ditetapkan relatif lebih tinggi dari pesaing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, SintaG04219074@student.uinsby.ac.idG04219074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Harga Pokok
Islam
Keywords: Jual beli; harga; Bisnis Kuliner
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sinta Wahyuni
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:51
Last Modified: 02 Feb 2024 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67919

Actions (login required)

View Item View Item