METODE KETELADANAN (USWAH HASANAH) DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anamiyah, Siti Barokatul (2015) METODE KETELADANAN (USWAH HASANAH) DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Pentingnya dikaji metode keteladanan perspektif al-Qur’an karena fenomenanya pendidikan Islam kurang diminati oleh masyarakat. Untuk itu pendidikan Islam harus dikemas dan direformulasikan pada paradigma ke depan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat dengan memahami al-Qur’an secara tekstual dan kontekstual. Pemahaman terhadap ayat-ayat al-Quran diaplikasiklan dalam sehari-hari sebagaimana yang dicontohkan dan dipraktekkan dalam kehidupanh nabi Muhammad dan para sahabat serta nabi-nabi sebelumnya yang telah difirmankan dalam al-Qur’an.
Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah (1) bagaimana metode keteladanan dalam pendidikan Islam (2) bagaimana metode keteladanan dalam perspektif al-Qur’an (3) bagaimana metode keteladanan qur’ani dan implementasinya dalam pendidikan.
Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research) dengan pendekatan metode Mudhu’iy. Yaitu dengan jalan menghimpun seluruh atau bagian ayat-ayat dari beberapa surat yang berhubugan dengan masalah keteladanan (Uswah hasanah). Sehingga pada akhirnya diambil suatu kesimpulan menyeluruh tentang masalah tersebut menurut pandangan al-Quran.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa ayat al-Qur’an yang digunakan sebagai landasan normatif digunakannya sebagai metode keteladanan dalam pendidikan Islam, yaitu: Q.S. Al-An’am : 90, Q.S. At-Taubah : 100, Q.S. Ath-Thur : 21, Q.S.Al-Hujurat : 1, Q.S. Ash-shaff : 2-3, Q.S. Al-Mumtahanah : 4 dan 6, Q.S. Al-Ahzab : 21. Dari ayat-ayat tersebut, para mufasir menafsirkan keteladanan dalam al-Qur’an diistilahkan dalam trem; Uswah, Iqtida’ dan Ittiba’. Deskripsi normatif tersebut secara ekplisit memberikan gambaran adanya keteladanan yang dicontohkan oleh para Nabi dan Rasulullah Saw. serta para sahabat digunakan sebagai pijakan dan sandaran oleh para praktisi pendidikan Islam sebagai sebuah metode pendidikan dan pengajaran dalam pendidikan Islam.
Secara psikologis diterapkannya keteladanan sebagai metode pendidikan Islam karena melihat pada dasarnya manusia sejak kecil sudah memiliki rasa ingin meniru pada gerak-gerik atau prilaku orang tua, guru, dan lingkungan. Berkaitan dengan hal tersebut dituntut bagi orang tua, guru memiliki sifat-sifat yang patut diteladani sebagaimana yang dipraktekkan oleh Nabi Saw. seperti sifat sabar, kasih sayang, akhlakul karimah, tawadhu’, zuhud dan adil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anamiyah, Siti BarokatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode keteladanan; pendidikan islam; perspektif al-qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:09
Last Modified: 14 Jun 2016 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6792

Actions (login required)

View Item View Item