Pengaruh halal awareness dan advertising terhadap minat pembelian fashion muslim pada e-commerce tokopedia melalui persepsi konsumen mahasiswa di Kota Surabaya sebagai variabel intervening

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Fitriani Wijaya (2024) Pengaruh halal awareness dan advertising terhadap minat pembelian fashion muslim pada e-commerce tokopedia melalui persepsi konsumen mahasiswa di Kota Surabaya sebagai variabel intervening. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Fitriani Wijaya Putri_08040420123 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fitriani Wijaya Putri_08040420123 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan fashion muslim secara global telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak masyarakat yang aware mengenai potensi pasar yang besar di kalangan konsumen muslim. Indonesia telah mendapatkan pengakuan dan menduduki peringkat ke 3 di sektor modest fashion dan berdiri sebagai pemimpin global dalam industri halal. Fokus pengembangan industri halal di Indonesia melibatkan analisis awareness terhadap produk halal, strategi promosi dan periklanan yang digunakan serta persepsi konsumen terhadap fashion muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan advertising terhadap minat pembelian fashion muslim pada Tokopedia melalui persepsi konsumen sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif eksplanatori, yaitu yaitu metode penelitian data yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan datanya. Penelitian ini memiliki variabel intervening, maka harus dilakukan analisis jalur dengan menggunakan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa halal awareness dan advertising masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian dan persepsi konsumen. Sedangkan variable persepsi konsumen juga berpengaruh positif terhadap minat pembelian fashion muslim di Tokopedia. Hasil uji sobel juga menujukkan bahwa persepsi konsumen mampu memediasi hubungan antara halal awareness dan advertising dengan minat pembelian sehingga secara tidak langsung mempengaruhi variable halal awareness dan advertising terhadap minat pembelian fashion muslim pada Tokopedia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Fitriani Wijayafitrianiputri2001@gmail.com08040420123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Promosi
Keywords: Halal Awareness; Advertising; Minat Pembelian; dan Persepsi Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriani Wijaya Putri
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:56
Last Modified: 31 Jan 2024 00:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67933

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item