Pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks deskriptif di kelas IV MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ananda Eka Yulia Ni'matur (2024) Pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks deskriptif di kelas IV MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Eka Yulia N.R_06040720063.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ananda Eka Yulia N.R_06040720063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran sangat penting sebagai suatu elemen yang diperlukan untuk menjaga kelancaran proses belajar mengajar. Suatu model pembelajaran juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajatan TTW terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas IV MIN 1 Gresik. Penelitan ini menerapkan metode kuantitatif dengan tipe quasi eksperimen dengan desain penelitian Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di MIN 1 Gresik dengan sebanyak 50 siswa, terbagi menjadi 25 siswa dalam kelas eksperimen dan 25 siswa dalam kelas control. Pengumpulan data diperoleh berupa tes tulis (pretest dan postest). Setelah mengumpulkan data, langkah selanjutnya adalah menganalisisnya menggunakan uji deskripsi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan program spss versi 23. Teknik uji instrument tes menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya beda soal. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji hipotesis yakni Independent Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed) sebesar 0.001, dengan 0.001< 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa “Rata-rata kemampuan menulis teks deskriptif siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih tinggi dari rata-rata kemampuan menulis teks deskriptif hanya menggunakan metode ceramah atau model pembelajaran konvensional”. Dengan demikian, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas IV MIN 1 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ananda Eka Yulia Ni'maturanandaekayn@gmail.com06040720063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenijuhaeni@uinsby.ac.id2030078604
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model pembelajaran TTW; kemampuan menulis; teks deskriptif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ananda Eka Yulia Ni'matur Rohmah
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:17
Last Modified: 02 Feb 2024 09:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67948

Actions (login required)

View Item View Item