Pemetaan kesesuaian arah kiblat masjid di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya menggunakan olah citra satelit aplikasi google earth

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaky, Mochammad Abiyyu Naufal (2023) Pemetaan kesesuaian arah kiblat masjid di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya menggunakan olah citra satelit aplikasi google earth. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Abiyyu Naufal Zaky_C96318027.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Mochammad Abiyyu Naufal Zaky_C96318027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pemetaan Kesesuaian Arah Kiblat Masjid Di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya Menggunakan Olah Citra Satelit Aplikasi Google Earth. Adapun permasalahan yang diangkat adalah tentang arah kiblat Masjid-masjid di Kecamatan Gunung Anyar dan bagaimana analisis penggunaan aplikasi Google Earth dalam pemetaan untuk melihat kesesuaian arah kiblat masjid di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif subyek penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) di beberapa masjid di Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Sumber data primer dari penelitian ini berasal dari observasi lapangan yang dilakukan peneliti, dengan menggunakan aplikasi Google Earth, sedangkan data sekunder berasal dari sumber pustaka seperti buku, artikel, dan karya ilmiah terkait dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan mengumpulkan data lokasi seluruh masjid yang ada di Kecamatan Gunung Anyar kota Surabaya, kemudian mengidentifikasi masalah yang ada dan menganalisis secara mendalam terkait dengan bangunan dan titik koordinat masjid yang dihasilkan dari olah citra satelit Google Earth, lalu memberikan kesimpulan dari hasil analisa data yang diolah dan dihasilkan dari aplikasi Google Earth, serta melakukan observasi untuk mendapatkan validasi kesesuaian data yang didapat. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Pertama, mayoritas arah kiblat masjid di wilayah Kecamatan Gunung Anyar tidak akurat, meskipun penelitian ini diberikan angka toleransi penyimpangan dari arah yang ditentukan. Kedua, menyimpulkan bahwa walaupun secara pemetaan GE bangunan masjid tidak sesuai mengarah ke araha kiblat namun kenyataan dilapangannya saat uji akurasi dengan Mizwala menunjukkan bahwa arah saf pada sampel masjid yang diteliti telah menunjukkan angkat yang akurat walapun memiliki selisih antara 1 sampai 2 derajat, namun dapat dikategorikan arah saf masjid tersebut telah akurat menghadap arah kiblat. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Kesalahan dalam menentukan arah kiblat terkadang dapat disebabkan oleh pemahaman yang salah tentang arah kiblat atau ketidakpahaman tentang cara mengukur arah kiblat dengan benar. Salah satu masalah yang paling umum terjadi saat membangun masjid adalah kesalahan dalam menghitung arah kiblat, untuk menyelesaikan masalah ketidaksesuaian arah kiblat, penting untuk menemukan sumbernya dan melakukan tindakan untuk memperbaikinya. Ini mungkin mencakup pengukuran ulang, perbaikan struktural, pemeliharaan rutin, dan perlunya pengetahuan tentang cara mengukur arah kiblat yang tepat, agar jemaah dapat menjalankan ibadah dengan benar sesuai dengan ajaran Islam, pemerintah daerah, pengurus masjid, dan komunitas setempat harus bekerja sama untuk menjaga kesesuaian arah kiblat dalam mendirikan salat berjemaah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaky, Mochammad Abiyyu Naufalabiyyunaufalz19@gmail.comC96218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Astronomi
Teknik Lingkungan
Falak
Keywords: Arah kiblat; aplikasi google earth
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Mochammad Abiyyu Naufal Zaky
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:03
Last Modified: 02 Feb 2024 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67956

Actions (login required)

View Item View Item