Pemberdayaan kelompok fatayat dalam optimalisasi hasil tambak melalui pengolahan udang vaname di Desa Sambopinggir Karangbinangun Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafaza, Athi (2024) Pemberdayaan kelompok fatayat dalam optimalisasi hasil tambak melalui pengolahan udang vaname di Desa Sambopinggir Karangbinangun Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athi' Mafaza_04020220029 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Athi' Mafaza_04020220029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Athi’ Mafaza, NIM 04020220029, 2020. Pemberdayaan Kelompok Fatayat Dalam Optimalisasi Hasil Tambak Melalui Pengolahan Udang Vaname Di Desa Sambopinggir Karangbinangun Lamongan. Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan Kelompok Fatayat Desa Sambopinggir, untuk menciptakan ekonomi mandiri dan penguatan ekonomi keluarga petani melalui optimalisasi hasil tambak. Untuk mencapai hal tersebut, langkah pertama yang dilakukan, yaitu membangun kesadaran terhadap aset yang dimiliki dan meningkatkan kemampuan untuk pengolahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yaitu pendampingan dengan memanfaatkan aset yang dimiliki masyarakat melalui pendalaman harapan atau mimpi yang akan direalisasikan bersama. Penggunaan pendekatan ABCD pada penelitian ini dengan memanfaatkan aset sumber daya alam, aset sumber daya manusia, dan aset sosial hingga tercapai perubahan sosial. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan dengan rumusan masalah diantaranya 1) Bagaimana strategi pemberdayaan Kelompok Muslimat melalui optimalisasi hasil tambak di Desa Sambopinggir, Karangbinangun, Lamongan? 2) Bagaimana perubahan dan dampak masyarakat setelah adanya proses pemberdayaan Kelompok Muslimat melalui optimalisasi hasil tambak di Desa Sambopinggir, Karangbinangun, Lamongan? 3) Bagaimana perubahan dan dampak yang dirasakan masyarakat setelah adanya proses pemberdayaan Kelompok Muslimat melalui optimalisasi hasil tambak di Desa Sambopinggir, Karangbinangun, Lamongan? 4) Bagaimana relevansi dakwah bil hal dengan optimalisasi hasil tambak? Pemberdayaan ini dilakukan dengan menyusun beberapa kegiatan, diantaranya edukasi terkait pengolahan udang menjadi olahan baru yang memiliki nilai jual tinggi dan memiliki daya simpan yang cukup lama (kaldu bubuk dan terasi), edukasi kelompok fatayat terkait pengolahan udang vaname dan memproduksi olahan dari udang vaname secara konsisten setiap masa panen datang, dan memberikan edukasi seputar pengemasan, penyimpanan, dan pemasaran. Sehingga olahan hasil tambak dapat didistribusikan dan tidak hanya untuk konsumsi pribadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafaza, Athiathimafaza1201@gmail.com04020220029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id2007055801
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; optimalisasi hasil tambak; kemandiran ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Athi' Mafaza
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:33
Last Modified: 29 Jan 2024 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67960

Actions (login required)

View Item View Item