Peran social entrepreneurship Tpq al-Fatih Sebandung Sukorejo Pasuruan ditinjau dari perspektif maslahah mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifa, Zahrotun (2024) Peran social entrepreneurship Tpq al-Fatih Sebandung Sukorejo Pasuruan ditinjau dari perspektif maslahah mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nadhifa_G94218231.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Zahrotun Nadhifa_G94218231 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian berikut: pertama, bagaimana peran social entrepreneurship TPQ Al-Fatih Sebandung Sukorejo Pasuruan. Kedua, bagaimana kemaslahatan maslahah mursalah pada social entrepreneurship TPQ Al-Fatih Sebandung Sukorejo Pasuruan ditinjau dari perspektif maslahah mursalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer yang peneliti peroleh langsung di lapangan dan data sekunder berasal dari berbagai jenis literatur ilmiah berupa artikel, jurnal, serta dokumen lain yang berkaitan dengan permasalahan penelitian yang akan di analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diantaranya adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan yang digunakan adalah trianggulasi. Hasil Penelitian menggambarkan potensi social entrepreneurship yang mampu membawa perubahan sosial dan ekonomi lebih baik di masyarakat Desa Sebandung Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, yaitu keterlibatan seorang pengasuh TPQ Al-Fatih yang memiliki ide dan inovasi dalam berbagai strateginya melalui TPQ Al Fatih. Strategi tersebut dikelompokkan dalam 3 poin yang sesuai dengan dimensi social entrepreneurship, yaitu dimensi sosial yang dicapai dengan cara menjaga nilai moral dan agama, menjalin kerja sama yang baik, memberikan pendidikan Al-Quran secara gratis, kemudian dimensi ekonomi dengan strategi berwirausaha, kegiatan menabung dan sedekah, membuka donatur, serta dimensi inovasi yakni dengan strategi memanfaatkan sumber daya yang ada, membangun pembelajaran Al-Quran yang atraktif, dan menjaga kelestarian budaya setempat. Kemudian hasil analisis tinjauan maslahah mursalah menyatakan bahwa peran social entrepreneurship yang diimplementasikan oleh pengasuh TPQ Al-Fatih melalui 3 dimensi dalam beberapa strategi tersebut telah memenuhi syarat sebagai objek maslahah mursalah. Karena mengandung konsep kemaslahatan yang masih sejalan dengan tujuan syariat yaitu mendatangkan manfaat berupa penciptaan kemandirian ekonomi, pemberdayaan pemuda, dan masyarakat dapat memperoleh pendidikan Al-Quran secara gratis kemudian menghilangkan kemudharatan dalam hal mampu memperbaiki akhlak dan moral di masyarakat, merubah pandangan masyarakat terhadap pendidikan khususnya pendidikan Al-Quran, serta mampu memutar roda ekonomi di masyarakat. Sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan objek social entrepreneur dan praktisi wirausaha sosial lainnya bisa memaksimalkan inisiatif strategi dari konsep social entrepreneurship dengan memperhatikan prinsip-prinsip maslahah mursalah agar terciptanya organisasi bisnis sosial jangka panjang yang berkemaslahatan bagi lebih banyak orang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifa, Zahrotunzahronadifa21@gmail.comG94218231
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Masalah sosial
Wirausaha
Keywords: Social entrepreneurship; maslahah mursalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: zahrotun nadhifa
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:09
Last Modified: 01 Feb 2024 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67977

Actions (login required)

View Item View Item