Dimensi Maqasid Al Qur'an dalam Al Ahruf Al Muqatta'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Fina (2024) Dimensi Maqasid Al Qur'an dalam Al Ahruf Al Muqatta'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Rahmawati_07040320120 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fina Rahmawati_07040320120 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Huruf Muqatta’ah ini merupakan fawatihus suwar yang secara istilahnya yakni ayat-ayat mutasyabbih pada pembukaan beberapa surah al-Qur’an yang tersusun dari satu sampai lima huruf hijaiyah yang tidak membentuk kata. Para ulama tafsir berselisih pendapat mengenai makna dan hakikat huruf muqatta’ah, ada ulama tafsir yang mengatakan bahwa makna huruf muqatta’ah tidak dapat ditafsirkan dan hakikatnya diserahkan kepada Allah karena mereka sepakat bahwasannya huruf-huruf tersebut merupakan Asrarul al-Qur’an (rahasia Allah/rahasia al-Qur’an). Sedangkan jika disandar dengan QS. An-nahl:89 dan QS.Shad:29 yang menerangkan bahwasannya al-Qur’an turun untuk menjelaskan dan sebagai penjelas segala sesuatu serta petunjuk bagi manusia lantas mengapa masih ada ayat-ayat al-Qur’an yang sifatnya rahasia dan tidak diketahui maksud maknanya. Dalam ulum al-Qur’an juga mengatakan bahwa huruf muqatta’ah merupakan huruf mutasyabbih, yang mana huruf-huruf tersebut tidak mempunyai makna dimensi yang jelas. Kalaupun ada makna, maka sighatnya adalah ijtihadi. Dalam hal ini penulis ingin menganalisis huruf muqatta’ah tersebut dengan teori maqasidi yang mana nilai dari maqasid itu sendiri yakni ijtihadi. Seperti yang diketahui, pengertian dari maqasid itu sendiri adalah salah satu macam model penafsiran yang kebermaksudan sebagai penyingkap atau menangkap makna-makna dibalik teks (al-Qur’an). maka dari itu penelitian ini penting dikaji guna mengetahui setiap maqasid dari huruf-huruf muqatta’ah prespektif Wasfi Asyur. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana dimensi maqasid dalam al-ahruf al-muqatta’ah menurut teori Wasfi Asyur Abu Zayd. Adapun jenis dari penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber primer dari penelitian ini adalah al-Qur’an. Model dari penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis dengan pendekatan deduktif. Berdasarkan penafsiran-penafsiran ulama tafsir yang menafsirkan al-ahruf al-muqatta’ah menunjukkan adanya unsur maqasid di dalamnya. Dari penafsiran tersebut menunjukkan adanya maksud dan juga tujuan adanya huruf muqatta’ah. Unsur maqasid yang terdapat dalam al-ahruf al-muqatta’ah diantaranya maqasid kata dan huruf al-Qur’an, maqasid khalq, maqasid ta’rif al-mad’u ilaih, maqasid al-Tauhid, maqasid al-qasd ila husul al-‘amal al-salih, maqasid al-Nubuwwah, maqasid al-Hasyr

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Finafinarachma88@gmail.com07040320120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzammil, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Al Qur'an > Amsal - al Quran
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Ulama
Keywords: Dimensi; Huruf Muqatta'ah; Maqasid Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fina Rahmawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 05:14
Last Modified: 07 Feb 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67989

Actions (login required)

View Item View Item