Buang air kecil dengan posisi duduk: kajian ma’anil hadis riwayat Sunan al Tirmidhi nomor indeks 12 dengan pendekatan ilmu kesehatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Ilham (2023) Buang air kecil dengan posisi duduk: kajian ma’anil hadis riwayat Sunan al Tirmidhi nomor indeks 12 dengan pendekatan ilmu kesehatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilham Ramadhan_E95219082.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilham Ramadhan_E95219082_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Buang air kecil dengan berdiri merupakan kebiasaan buruk yang akan mepengaruhi kesehatan seseorang jika dilakukan secara terus menerus dengan waktu yang lama. Rasulullah juga telah mengajarkan kepada kita bahwa jika hendak buang air kecil maka posisi yang dilakukan Rasulullah adalah duduk atau jongkok. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan utama dari penelitian ini adalah 1) Menjelaskan kehujjahan serta kualitas hadis hadis tentang buang air kecil dengan posisi duduk pada riwayat Sunan At-Tirmidhi> nomor indeks 12. 2) Memahami ma’anil hadis tentang buang air kecil dengan posisi duduk pada riwayat Sunan At- Tirmidhi> nomor indeks 12. 3) Menjelaskan dampak buang air kecil dengan posisi berdiri bagi Kesehatan berdasarkan teori Urinary Tract Infection. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini berupa kualitatif deskriptif berdasarkan kajian kepustakaan (library reserch). Dimana sumber data ini merujuk dari buku, kitab, jurnal atau artikel ilmiah yang berhubungan dengan pembahasan buang air kecil. Lalu penulis menggunakan beberapa teori sebagai penguat data, seperti teori kualitas hadis, kehujjahan hadis, pemaknaan hadis, dan teori urinary tract infection. Konklusi dari penelitian ini yaitu, Hadis riwayat Sunan al-Tirmidhi< nomor indeks 12 berstatus ṣaḥīḥ li ghairihi, sehingga dapat dijadikan h}ujjah, Hadis tersebut menjelaskan tentang Rasulullah tidak pernah buang air kecil kecuali dengan posisi duduk, kecuali saat keadaan tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Ilhamramadhanilham2712@gmail.comE95219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Hadis
Keywords: Buang air kecil; ma’anil hadis; dampak buang air kecil berdiri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ilham Ramadhan
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:27
Last Modified: 02 Feb 2024 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67998

Actions (login required)

View Item View Item