Pengorganisasian masyarakat dalam upaya pembebasan keluarga miskin dari jerat hutang rentenir di Dusun Ngebrak Desa Wangklu Kulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azro, Devira Soraya Al (2023) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya pembebasan keluarga miskin dari jerat hutang rentenir di Dusun Ngebrak Desa Wangklu Kulon Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devira Soraya Al Azro_04020220031.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Devira Soraya Al Azro_04020220031_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat dalam upaya pembebasan keluarga miskin dari jerat hutang rentenir. Bermula dari angka pengangguran di Dusun Ngebrak yang cukup tinggi, disebabkan oleh susahnya mendapat pekerjaan karena tidak adanya keterampilan yang dimiliki keluarga miskin. Pendapatan yang tidak selaras dengan pengeluaran membuat mereka memenuhi kebutuhan hidup dengan mengambil jalan pintas berhutang kepada rentenir. Padahal keluarga miskin bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, dengan cara mengolah asset yang tersedia seperti tanaman pisang. Pendekatan penelitian menggunakan PAR (Participatory Action Research) dimana masyarakat diajak untuk berpartisipasi sebagai subyek, dan obyeknya adalah problem yang sedang dihadapi masyarakat. Dalam metodologi PAR terdapat tiga kata kunci yang menjadi landasan gerak dalam seluruh proses penelitian. Pertama ialah partisipasi, yakni mulai proses awal hingga selelsai dilakukan atas partisipasi masyarakat. Kedua ialah aksi, yakni setelah mengetahui akar permasalan bersama akan dilakukan aksi untuk menuju perubahan yang lebih baik. Ketiga ialah riset, yakni dalam kesuluruhan proses menggunakan suatu metodologi penelitian sebagai sebuah tanggung jawab akademis yeng memenuhi asas keilmuan yang baku. Hasil penelitian yang dilakukan dengan proses pengorganisasian masyarakat ini adalah adanya keterampilan yang dimiliki keluarga miskin, yakni mengolah tanaman pisang menjadi kripik pisang lumer dan pudding pisang. Melalui proses pendidikan peningkatan keterampilan, pembentukan KUB, serta adanya advokasi kepada pemerintah desa dan dusun. Dengan demikian tercipta kemandirian ekonomi keluarga miskin sehingga keluarga miskin dapat terbebas dari jerat hutang rentenir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azro, Devira Soraya Aldevirasoraya9@gmail.com04020220031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id--
Subjects: Kemiskinan
Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian; rentenir; tanaman pisang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Devira Soraya Al Azro
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:33
Last Modified: 02 Feb 2024 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68003

Actions (login required)

View Item View Item