Dampak Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terhadap konsumsi pangan rumah tangga miskin di Kabupaten Probolinggo Tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausiah, Qatrunada Safira (2024) Dampak Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terhadap konsumsi pangan rumah tangga miskin di Kabupaten Probolinggo Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qatrunada Safira Firdausiah_08020120060 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Qatrunada Safira Firdausiah_08020120060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Ketahanan pangan merupakan prioritas utama dalam pembangunan nasional dalam memenuhi kebutuhan pangan. Indonesia memiliki target dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang turut mencapai keamanan pangan dan pertanian yang berkelanjutan. Hal ini dikarenakan oleh kemampuan pangan rumah tangga akan memengaruhi pola hidup dari masyarakat sehingga mampu mendukung pemambngunan nasional melalui ketahnan pangan yang menguat. Maka dari itu, pemerintah membuat jenis program bantuan pangan non tunai yang dapat dibelanjakan untuk kebutuhan pangan. Program ini telah dilaksanakan di berbagai kota/kabupaten Indonesia yang salah satunya berada di Kabupaten Probolinggo. Agar dapat melihat implementasi dan dampak yang ditimbulkan dari program ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian skripsi yang berjudul “Dampak Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terhadap Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kabupaten Probolinggo Tahun 2022”. Dengan tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai dampak dan implementasi dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berjalan di Kabupaten Probolinggo tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode Mix Method dengan analisis Propensity Score Matching (PSM). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui laman Badan Pusat Statistik (BPS) yang bernama Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) dengan data kuisioner penerima manfaat BPNT. Selain itu, pengumpulan data menggunakan wawancara dengan beberapa pihak terkait seperti Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program BPNT di Kabupaten Probolinggo tahun 2022. Hasil penelitian yang didapatkan berupa implementasi dari program ini pada setiap proses tahapan. Implementasi dari program ini berjalan dengan cukup baik sesuai tujuan yang diharapkan. Koordinasi antara aktor pelaksana dan penerima berjalan dengan baik sehingga setiap proses penyaluran program dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat. Selain itu, target yang direncakan sesuai dengan hasil lapangan yang telah dilaksanakan. Selanjutnya perhitungan dampak melalui metode PSM menunjukkan perbedaan pengeluaran konsumsi masyarakat penerima manfaat dengan bukan penerima sebesar tiga persen lebih banyak. Dengan demikian, program bantuan ini cukup berhasil dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo karena terdapat perbedaan pada pengeluaran konsumsi rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausiah, Qatrunada Safirasafirafirda18@gmail.com08020120060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Kemiskinan
Keywords: BPNT; Ketahanan Pangan; Konsumsi Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Qatrunada Safira Firdausiah
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68014

Actions (login required)

View Item View Item