Kepemimpinan perempuan dalam birokrasi pemerintahan lokal: studi gaya kepemimpinan Maria Agustin Yuristina sebagai Camat Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tirta, Adhelia Nirmala (2023) Kepemimpinan perempuan dalam birokrasi pemerintahan lokal: studi gaya kepemimpinan Maria Agustin Yuristina sebagai Camat Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adhelia Nirmala Tirta_I01219002 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Adhelia Nirmala Tirta_I01219002 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan dan perempuan seringkali menjadi pembicaraan, masyarakat pada umumnya berpandangan mengatakan bahwa dunia politik adalah dunia publik yang penuh kontroversi, dan membutuhkan rasionalitas. Yang dimana ruangnya seringkali dianggap lebih cocok untuk laki-laki atau bisa dikatakan didominasi oleh laki-laki saja. Dalam suau organisasi atau lembaga posisi laki-laki mendominasi sebagai pemimpin yang sangat kuat. Bahkan perempuan pun juga memiliki potensi yang kuat sama halnya dengan laki-laki dari segi cara memimpinnya. Oleh karna itu peneliti ingin mengetahui bagaimana gaya kepemimpian seorang pemimpin perempuan dan bagimana kepemimpinan dari pemimpin perempuan tersebut bisa mengkoordinasikan anggotanya dengan gaya kepemimpinan yang diterapkannnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik dalam pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini berisi mengenai gaya kepemimpinan maria agustin yuristina camat wonokromo yang dianalisis menggunakan teori gaya kepemimpinan feminim dan maskulin, dalam gaya kepemimpinan feminism dan masculine ini terdapat 2 (dua) gaya kepemimpinan lain sebagai faktor pendukung gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin. Dari gaya kepemimpinan yang telah diteliti ditemukan bahwa pemipin tersebut menggunakan gaya kepeminim feminim, yang dimana pemimpin memenuhi karakteristik yang ada pada gaya kepemimpinan femini, ditemukan juga gaya kepemimpinan transformasional sebagai pendukung dalam gaya kepemimpinannya untuk organisasinya. Dari gaya kepemimpinan tersebut terlihat juga kinerja dari para anggotanya cukup memuaskan , para anggota juga sportif dan saling membantu dalam pekerjaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tirta, Adhelia Nirmalaadheeln1@gmai.comI01219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan politik perempuan; gaya kepemimpinan perempuan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Adhelia Nirmala Tirta
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:45
Last Modified: 31 Jan 2024 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68029

Actions (login required)

View Item View Item