Fenomena Thrifting dalam konten Youtube Aquinaldoadrian: analisis teori selera Pierre Felix Bourdieu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Dina (2024) Fenomena Thrifting dalam konten Youtube Aquinaldoadrian: analisis teori selera Pierre Felix Bourdieu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Fitriana_E91219072 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dina Fitriana_E91219072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang fenomena thrifting dalam youtube Aquinaldoadrian. Permasalahan yang dibahas pertama, maraknya pembelian pakaian bekas yang terjadi di masyarakat saat ini. Tentunya disebabkan oleh sesuatu lainnya yang turut mendorong untuk mengonsumsinya serta dianggap sebagai hal wajar terjadi jika dilihat dari luar. Dalam hal ini masyarakat berada di tahap hilangnya kesejahteraan sosial, masyarakat berada di genggaman dominasi. Quin dalam kanal youtube nya menormalisasi kegiatan membeli pakaian bekas dengan cara memilih pakaian bekas yang disesuaikan berdasarkan selera yang ia miliki yaitu, selera kelas atas. Selain itu Quin menstandarisasikan pakaian bekas mengikuti brand pakaian kelas atas, yang tidak dapat dijangkau oleh kelas bawah. kedua, dalam pemikiran Bourdieu mengatakan bahwa selera bukan yang bersifat alami. Selera adalah alat perbedaan yang digunakan kelas dominan untuk membedakan dirinya dari kelas dibawahnya. Selera juga menunjukkan posisi sosial seseorang yang dapat dilihat dari perbedaan gaya hidup. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif kemudian dianalisis secara deskriptif. Metode yang digunakan yaitu, kepustakaan dari buku, jurnal, skripsi, thesis serta pendukung bacaan lainnya seperti e-book. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi melalui unggahan di kanal youtube Quin, peneliti memilih bagian konten thrifting Quin yang sesuai dengan tema penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan teori selera Pierre Bourdieu. Hasil penelitian ini yaitu, dalam konten thrifting di youtube Quin dalam kegiatan berbelanja memberikan citra pakaian bekas sebagai hal yang unik, langkah, vintage, dan murah. Quin memilih pakaian bekas sebagaian besar terinsipirasi dari brand pakaian ternama. Selera tidak bersifat alami dalam hal ini Quin merupakan hasil kontruksi yang dilakukan oleh kelas dominan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Dinadinafitriana559@gmail.comE91219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Biografi
Islam, Pakaian dan Perhiasan
Budaya
Islam dan Kapitalisme
Keywords: thrifting; selera; dominasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Dina Fitriana
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:04
Last Modified: 31 Jan 2024 01:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68040

Actions (login required)

View Item View Item