Efektivitas penerapan sistem informasi akuntansi penggajian di Polda Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jala, Gita Pertiwi Madya (2023) Efektivitas penerapan sistem informasi akuntansi penggajian di Polda Jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Pertiwi Madya Jala_08040220120 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gita Pertiwi Madya Jala_08040220120 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi penggajian didesain untuk mempermudah pelaksanaan penggajian secara tepat dan akurat dengan mengkomputerisasi keseluruhan aktivitas dari proses penggajian tersebut, hal ini akan meminimalisir kesalahan dalam perhitungan gaji. Selain itu, penyaluran gaji kepada pegawai akan lebih terstruktur, sehingga proses pengolahan pun dapat diselesaikan lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi penggajian yang ada di Polda Jatim, serta menilai bagaimana efektivitas dari penerapan sistem informasi penggajian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif, dengan jumlah informan yang digunakan sebanyak 3 pegawai Bidkeu Polda Jatim, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi penggajian di Kantor Bidang Keuangan Polda Jatim berhasil mencapai kesesuaian antara teori dan praktiknya. Penerapan SIA Penggajian juga terbukti meningkatkan efektivitas penggajian, sebagaimana tercermin dalam pengukuran efektivitas sistem informasi akuntansi penggajian berdasarkan 6 dimensi keberhasilan. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi penggajian berhasil mengoptimalkan efisiensi, transparansi, dan akurasi secara menyeluruh, memastikan pembayaran gaji dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan kebijakan instansi.berhasil mengoptimalkan efisiensi, transparansi, dan akurasi secara menyeluruh, memastikan pembayaran gaji dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan kebijakan instansi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Kantor Bidkeu Polda Jatim agar dapat menjaga profesionalisme dalam menjalankan aktivitas penggajian. Selain itu, diharapkan kepada pengelola penggajian untuk selalu melakukan maintenance aplikasi penggajian dan melakukan pembaruan-pembaruan terkait dokumen penggajian, hal ini diharapkan akan membawa peningkatan dalam proses penggajian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jala, Gita Pertiwi Madyagitapertiwimadyajala267@gmail.com08040220120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti AgustinHastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Komputer
Teknologi > Teknologi Informasi
Keuangan
Keywords: Efektivitas; Sistem Informasi Akuntansi; Penggajian; Polda Jatim
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Gita Pertiwi Madya Jala
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:55
Last Modified: 01 Feb 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68054

Actions (login required)

View Item View Item