Penerapan media audio visual untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A di KB RA Darun Najah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widayanti, Arini (2023) Penerapan media audio visual untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A di KB RA Darun Najah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arini Widayanti_D99219037.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arini Widayanti_D99219037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan media audio-visual untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A di KB-RA Darun Najah. Penerapan media audio-visual mampu melatih konsentrasi belajar anak kelompok A. Kemampuan konsentrasi belajar peserta didik di kelas berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan media audio-visual untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A di KB-RA Darun Najah. Serta peneliti juga mengetahui kemampuan penerapan media audio-visual untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A di KB-RA Darun Najah. Metode penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelompok A yang di mana kelompok A terdapat 3 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan media audio-visual mampu untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A di KB-RA Darun Najah, dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu penerapan media audio-visual untuk melatih konsentrasi belajar anak kelompok A. Penerapan media audio-visual membuat peserta didik sangat antuasias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, serta peserta didik juga sangat tertarik dan memperhatikan penyampaian materi pembelajaran menggunakan media audio-visual. Penerapan media audio-visual juga berdampak pada hasil belajar peserta didik, peserta didik yang berkonsentrasi ketika belajar akan mendapat hasil yang baik, sedangkan peserta didik yang kurang berkonsentrasi ketika belajar akan mendapat hasil yang kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widayanti, Ariniariniwidayanti3006@gmail.comD99219037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Anak
Belajar
Media Massa
Keywords: Media audio visual; konsentrasi belajar anak; kelompok kb dan ra darun najah sidoarjo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Arini Widayanti
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:14
Last Modified: 01 Feb 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68059

Actions (login required)

View Item View Item