Analisis produk BSI Griya pada pembiayaan renovasi rumah ditinjau dari Akad Musharakah Mutanaqisah di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutrany, Muspita Arda (2023) Analisis produk BSI Griya pada pembiayaan renovasi rumah ditinjau dari Akad Musharakah Mutanaqisah di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muspita Arda Sutrany_05010220015 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muspita Arda Sutrany_05010220015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Produk BSI Griya pada Pembiayaan Renovasi Rumah Ditinjau dari Akad Mushārakah Mutanāqis̟ah di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim” merupakan hasil penelitian lapangan yang memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1) Bagaimana praktik produk BSI Griya pada pembiayaan renovasi rumah di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim? dan 2) Bagaimana tinjauan akad Mushārakah Mutanāqis̩ah terkait produk pembiayaan BSI Griya di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang dilakukan di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim. Data yang diperoleh penulis pada penelitian ini melalui wawancara dengan beberapa pegawai BSI KCP Jombang Wahid Hasyim dan nasabah yang mengambil produk BSI Griya pada pembiayaan renovasi rumah di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik yang bersifat deskriptif kualitatif melalui pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik produk BSI Griya pada pembiayaan renovasi rumah di BSI KCP Jombang Wahid Hasyim yakni pihak bank dan nasabah melakukan kerja sama untuk pembiayaan renovasi rumah. Nasabah memberikan kontribusi berupa sertifikat tanah atas nama pribadi atau pasangan dan pihak bank memberikan kontribusi berupa dana pencairan. Kemudian untuk mekanismenya yakni nasabah membayar angsuran setiap bulan dengan jangka waktu yang disepakati dengan pihak bank. Kemudian kepemilikan pihak bank akan berkurang dan nasabah bertambah hingga waktu pembayaran lunas. Untuk tinjauan akad Mushārakah Mutanāqis̟ah pada produk BSI Griya diperbolehkan dan sesuai dengan rukun, syarat dan ketentuan yang berlaku. Berdasarkan kesimpulan di atas yang telah dipaparkan, jika terdapat masyarakat yang membutuhkan pembiayaan untuk renovasi rumah. Maka produk BSI Griya yang pada praktiknya menggunakan akad Mushārakah Mutanāqis̟ah menjadi salah satu alternatif karena dalam menjalankan praktiknya sesuai dengan syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutrany, Muspita Ardamuspitaarda22@gmail.com05010220015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Moh. FaizurUNSPECIFIED198911262019031010
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: BSI Griya; pembiayaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muspita Arda Sutrany
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:14
Last Modified: 31 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68077

Actions (login required)

View Item View Item