Pandangan tokoh NU dan Muhammadiyah Sidoarjo terhadap pengelolaan uang pendaftaran lomba festival Qur'ani UPTQ UIN Sunan Ampel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarokah, Muhammad Rozaqi Al (2023) Pandangan tokoh NU dan Muhammadiyah Sidoarjo terhadap pengelolaan uang pendaftaran lomba festival Qur'ani UPTQ UIN Sunan Ampel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rozaqi Al Mubarokah_C02218027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Rozaqi Al Mubarokah_C02218027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang ditulis dengan tujuan untuk menjawab rumusan masalah yang ada yaitu bagaimana pandangan para tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah tentang pengelolaan uang pendaftaran Festival Qurani UPTQ Uinsa. Skripsi ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus yang datanya bersumber dari lapangan sebagai objek penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi Kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan ditarik kesimpulan secara induktif. Latar belakang penelitian ini berdasarkan problem dalam setiap perlombaan yaitu bagaimana mengelola uang pendaftaran lomba. Uang pendaftaran yang diugunakan sebagai hadiah bertentangan dengan hukum syariah dan syarat-syarat musabaqah karena kurangnya pemahaman masyarakat akan adanya konsep bermuamalah yang sesuai dengan syariat Islam namun ketika sudah paham pun permasalahan seperti ini sering kali tidak dihiraukan karena terkendala keadaan keuangan yang sulit. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, secara hukum Islam dan pandangan dari tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Lomba Festival Qurani diperbolehkan dan tidak diharamkan oleh hukum syariah karena hadiah yang diberikan oleh panitia tidak menggunakan uang pendaftaran para peserta maka perlombaantersebut menjadi sah dan boleh dalam Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarokah, Muhammad Rozaqi Alm.rozaqi87@gmail.comC02218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Hukum Islam
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Organisasi Mahasiswa
Keywords: Pandangan tokoh; perlombaan; pengelolaan uang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rozaqi Al Mubarokah
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:20
Last Modified: 01 Feb 2024 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68078

Actions (login required)

View Item View Item