Sistem bagi hasil pada tabungan mudharabah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Madinah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zunita, Fefi Fila (2024) Sistem bagi hasil pada tabungan mudharabah di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Madinah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fefi Fila Zunita_G74219096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Fefi Fila Zunita_G74219096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas sistem bagi hasil pada tabungan mudharabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Madinah Lamongan . penelitian ini digunakan untuk menganalisis penerapan sistem bagi hasil pada tabungan mudharabah serta faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem bagi hasil pada tabungan mudharabah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan bersifat sosial dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan, meringkas atau mencirikan suatu objek penelitian yaitu realitas sosial yang ada dalam kehidupan serta berusaha menunjukan ke permukaan sebagai tanda yang mendeskripsikan suatu kondisi, keadaan atau fenomena. Metode penelitian ini menggabungkan instrument wawancara serta analisis dokumentasi yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer dan data skunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Madinah Lamongan dalam menerapkan sistem bagi hasil menggunakan akad mudharabah mutlaqah, yaitu bentuk kerja sama antara anggota pemilik dana (shahibul maal) dengan BPRS Madinah sebagai pengelola dana (mudharib). Sedangkan metode yang dipakai dalam sistem bagi hasil yaitu metode revenue sharing yang berarti metode bagi hasil yang memiliki jangka waktu tertentu jadi bagi hasilnya ditentukan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan dengan proses perhitungan bagi hasil tanpa dikurangi biaya-biaya lainnya (laba kotor). Saran peneliti kepada PT BPR Syariah Madinah Lamongan adalah peneliti berharap selalu memperhatikan dan meningkatkan sosialisasi terkait sistem bagi hasil kepada masyarakat luas sehingga bisa lebih meyakinkan nasabah tentang keuntungan sistem bagi hasil dibanding sistem bunga pada bank syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zunita, Fefi Filafefifila16@gmail.comG74219096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bagi Hasil
Mudarabah
Keywords: Bagi hasil; tabungan mudharabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fefi Fila Zunita
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:56
Last Modified: 01 Feb 2024 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68087

Actions (login required)

View Item View Item