Tinjauan viktimologi dan hukum pidana Islam terhadap korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan: studi kasus di kantor satuan polisi pamong praja Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilla, Eva (2024) Tinjauan viktimologi dan hukum pidana Islam terhadap korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan: studi kasus di kantor satuan polisi pamong praja Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Eva Nabilla_05040320079 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Eva Nabilla_05040320079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian empiris dengan judul “Tinjauan Viktimologi Dan Hukum Pidana Islam Terhadap Korban Eksploitasi Anak Sebagai Pengamen Jalanan (Studi Kasus Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Madiun)”. Permasalahan di dalam skripsi ini menjelaskan mengenai adanya eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan yang menyebabkan adanya korban. Korban dalam permasalahan ini dikaji dengan menggunakan viktimologi dan hukum pidana Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan analisis viktimologi dan hukum pidana Islam terhadap korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan di Kabupaten Madiun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang fokus pada viktimologi dan hukum pidana Islam. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber informasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan korban yang menjadi narasumber dan pihak dari satuan polisi pamong praja. Sementara itu, data sekunder diperoleh melalui penelaahan buku, jurnal, bunga rampai, dan sumber-sumber yang tersedia di internet. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan hasil dari data yang diperoleh menggunakan kalimat dan kata-kata yang mudah dipahami. Berdasarkan fakta yang ada di daerah Kabupaten Madiun mengenai korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan yang dianalisis dalam viktimologi dan hukum pidana Islam adalah sebagaimana berikut: Pertama, Satuan polisi pamong praja Kabupaten Madiun bekerja sama dengan pihak dinas sosial dan aparat desa terkait penanganan korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan. Faktor utama adanya korban eksploitasi anak di Kabupaten Madiun adalah adanya kekuasaan yang dimiliki oleh orang tua. Teori viktimologi yang sesuai dengan korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan adalah teori powerrelation dimana korban tidak mempunyai power untuk menolak. Kedua, Dalam razia penertiban jalan oleh satuan polisi pamong praja Kabupaten Madiun faktanya ada korban eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan oleh orang tuanya. Hukum pidana islam memandang bahwa pekerja anak itu bagian dari perampasan hak yang harus terpenuhi oleh orang tua maupun pemerintah, terdapat satu teori dalam hukum pidana islam yakni yang berkaitan dengan maqāṣid al-sharī‘ah merupakan upaya untuk menjaga nyawa ataupun jiwa. Adapun saran dari penulis, Pemerintah memberikan hukuman secara tegas untuk para pelaku kejahatan eksploitasi anak sebagai pengamen jalanan agar meminimalisir adanya korban eksploitasi anak dan diadakannya rumah aman khusus anak. Lebih meningkatkan kerjasama dengan unit pemerintaahan desa terkait pengawasan terhadap korban eksploitasi anak yang dipulangkan. Kepada pihak masyarakat diperlukan partisipasi laporan dari masyarakat secara aktif terkait adanya kejahatan eksploitasi anak yang ada di daerah Kabupaten Madiun dan membantu memberikan perlindungan terhadap korban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilla, Eva05040320079@student.uinsby.ac.id05040320079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Anak Jalanan
Keywords: Viktimologi; hukum pidana Islam; korban eksploitasi anak; pengamen jalanan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Eva Nabilla
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:03
Last Modified: 01 Feb 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68092

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item