Analisis PIECES terhadap penerapan Sistem Infomasi Wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Rossy Rizki (2023) Analisis PIECES terhadap penerapan Sistem Infomasi Wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rossy Rizki Maulida_G95219065 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rossy Rizki Maulida_G95219065 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Analisis PIECES Terhadap Penerapan Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana penerapan Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang dan bagaimana Analisis PIECES pada Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang menggunakan analisis PIECES. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan atau field research yaitu dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang telah berhasil menerapkan SIWAK, namun terdapat kendala dalam penginputan data wakaf oleh Kantor Urusan Agama (KUA). Proses wakaf dan pengarsipan berkas dilakukan di KUA, sedangkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang hanya menerima dan mengarsipkan data secara digital dengan SIWAK. Analisis PIECES, yang terdiri dari performance, information, economic, control, efficiency, service dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan dalam sistem yang berjalan, sehingga dapat memberikan rekomendasi perbaikan untuk sistem yang lebih efektif. Hasil analisis PIECES menunjukkan bahwa SIWAK memiliki kelebihan, seperti efisiensi kinerja dan pelayanan yang memadai, namun juga terdapat kelemahan, seperti keterbatasan pembaruan informasi dan beberapa kendala operasional yang dapat mempengaruhi kontrol dan efisiensi sistem. Rekomendasi perbaikan dapat difokuskan pada peningkatan pembaruan informasi, penanganan gangguan operasional lebih efektif, serta penyederhanaan beberapa menu layanan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan SIWAK di masa mendatang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis ingin menyampaikan saran agar penerapan SIWAK kedepannya dapat dilakukan secara maksimal. Untuk meningkatkan efektivitas penggunaan Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, sejumlah langkah perbaikan dapat diusulkan. Pertama, perlu dilakukan penyuluhan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) secara rutin guna memastikan perkembangan keterampilan operator dalam mengoperasikan SIWAK. Kedua, pemantauan rutin terhadap pengoperasian sistem perlu diimplementasikan untuk memastikan kelancaran dan kinerja optimal SIWAK. Terakhir, disarankan untuk menyelenggarakan pembaruan sistem dengan memanfaatkan teknologi yang lebih sederhana dan mudah dioperasikan, bertujuan untuk meningkatkan keefisienan penggunaan SIWAK secara keseluruhan. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan sistem dapat berjalan dengan lebih baik dan memberikan kontribusi maksimal dalam pengelolaan data wakaf di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Rossy Rizkirossyrizkimaulida@gmail.comG95219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Wakaf
Keywords: Penerapan Sistem Informasi Wakaf; SIWAK; analisis PIECES
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Rossy Rizki Maulida
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:13
Last Modified: 12 Feb 2024 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68102

Actions (login required)

View Item View Item