Pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap perlikau peserta didik kelas IV MI Al Karim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Chusnun Ni'matul (2023) Pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap perlikau peserta didik kelas IV MI Al Karim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
CHUSNUN NI'MATUL HIDAYAH_D97217088.pdf

Download (2MB)
[img] Text
CHUSNUN NI'MATUL HIDAYAH_D97217088_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peristiwa yang menggambarkan lemahnya akhlak dan juga kemunduran akhlak peserta didik tidak terkecuali pada Madrasah Ibtidaiyah Al Karim. Dalam hal ini masih dijumpai beberapa kasus yang terkait dengan perilaku peserta didik. Contohnya kurang amanah dalam meminjam barang. Ketika peserta didik meminjam barang kepada pemiliknya dan ketika mengembalikan tidak dikembalikan pada tempat semestinya dan juga tidak dikembalikan ke pemiliknya. Hal ini terjadi pada lingkungan Madrasah tersebut. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak di Madrasah tersebut.
Masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu, tentang bagaimana hasil belajar akidah akhlak di MI Al Karim Surabaya dan bagaimana pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Al Karim Surabaya.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif yaitu penelitian yang didasari pada asumsi, kemudian ditentukan variabel, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode-metode penelitian yang valid. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dan angket perilaku peserta didik. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik yang berjumlah 24 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh hasil belajar akidah akhlak terhadap perilaku peserta didik MI Al Karim Surabaya bahwa 1) Hasil belajar akidah Akhlak memiliki kategori baik terbukti hasil responden perhitungan prosentase diperoleh 80%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Hasil Belajar Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas IV A MI Al Karim Surabaya. Hal ini tercermin dalam output SPSS berdasarkan uji Coefficients dalam uji regresi sederhana bahwasannya T hitung > T tabel yaitu 3,026 > 2,080 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependen. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil analisis uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana didapatkan Sig = 0,006 (0,006 < 0,05) dan Adjusted R Square sebesar 0,553 apabila diprosentasekan sebesar 53,3%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Chusnun Ni'matulhchusnun@gmail.comD97217088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, ZumrotulUNSPECIFIED197010151997032001
UNSPECIFIEDTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id197302022007011040
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan
Keywords: Akidah Ahklak; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chusnun Nurul Nurul
Date Deposited: 23 Jan 2024 05:46
Last Modified: 23 Jan 2024 05:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68106

Actions (login required)

View Item View Item