Nalar Tafsir Diskursif dalam penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia: telaah pemikiran Agus Mustofa dalam buku Ternyata Adam Dilahirkan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masdjidah, Laila (2024) Nalar Tafsir Diskursif dalam penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia: telaah pemikiran Agus Mustofa dalam buku Ternyata Adam Dilahirkan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Masdjidah_07030320097 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Laila Masdjidah_07030320097 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 February 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan penciptaan manusia merupakan pembahasan yang tiada habisnya untuk dikaji dan didiskusikan sepanjang sejarah. al-Qur’an juga banyak memaparkan pembahasan penciptaan manusia di dalam ayat-ayatnya. Adapun karya-karya juga banyak yang membahas penciptaan manusia. salah satunya yakni karya Agus Mustofa yang berjudul Ternyata Adam Dilahirkan. Dalam buku tersebut Agus Mustofa memaparkan beberapa ayat-ayat al-Qur’an yang membahas penciptaan manusia dan ternyata Adam dilahirkan. Kemudian pada kajian nalar tafsir yang juga menarik sekali untuk dikaji, seperti adanya kajian sebelumnya yakni kajian nalar tafsir emansipatoris, nalar tafsir ideologi, nalar tafsir teosentris. Sehingga pada penelitian ini akan memunculkan model nalar yang lain yakni nalar tafsir diksursif yang digunakan untuk menelaah bagaimana Agus Mustofa dalam Penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia dan validitas penafsiran Agus Mustofa terhadap ayat-ayat penciptaan manusia dalam buku Ternyata Adam Dilahirkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan model pendekatan penelitian kualitataif, dan masuk dalam jenis penelitian studi kepustakaan. Untuk menjawab rumusan masalah yakni bagaimana nalar tafsir diskursif Agus Mustofa dalam Penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia dan bagaimana validitas penafsiran Agus Mustofa terhadap ayat-ayat penciptaan manusia, maka dari rumusan masalah tersebut penelitian ini menggunakan teori epistimologi yang dikemukakan Abdul Mustaqim untuk mencari validitas dari suatu penafsiran. Penelitian ini juga berfokus pada konstruksi nalar tafsir diskursif Agus Mustofa dalam Penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia, yakni dengan argumentasi, aksioma-aksioama, proporsi-proporsi, dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nalar tafsir diskursif Agus Mustofa dalam Penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia, yakni Agus Mustofa menggunakan penalaran atau pemikirannya dalam Penafsiran ayat-ayat penciptaan manusia dengan didukung pendapat atau argumen para ilmuan serta buku-buku ilmiah yang menjadi sumber rujukan Agus Mustofa, yang kemudian dari penalaran tersebut, dipaparkan dalam buku Ternyata Adam Dilahirkan. Validitas penafsiran Agus Mustofa terhadap ayat-ayat penciptaan manusia, dapat dikatakan sesuai dengan pemahaman al-Qur’an masa kini, sebab buku Ternyata Adam Dilahirkan koheren dalam menerapkan metode puzzle dalam pemaparannya. Kemudian secara korespondensi, buku Ternyata Adam Dilahirkan ini sesuai dan cocok dengan fakta ilmiah, sebagaimana yang telah dinyatakan dengan data-data ilmu pengetahuan. Dan secara pragmatisme buku Ternyata Adam Dilahirkan dirasa dapat memberikan alternatif pandangan lain tentang penciptaan Adam yang selama ini menjadi cerita dan diskusi panjang yang tiada habisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masdjidah, Lailalailamasdjidah19@gmail.com07030320097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamaang.efha@gmail.com2006075901
Subjects: Pembaruan
Pemikiran
Tafsir
Keywords: Ternyata Adam dilahirkan; penciptaan manusia; nalar tafsir diskursif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Laila Masdjidah
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:26
Last Modified: 02 Feb 2024 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68114

Actions (login required)

View Item View Item