Problematika kepemimpinan suami dalam keluarga di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo: analisis hukum Islam dan hukum positif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnama, Candra Dicky (2023) Problematika kepemimpinan suami dalam keluarga di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo: analisis hukum Islam dan hukum positif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Candra Dicky Purnama_C91219102-ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Candra Dicky Purnama_C91219102 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Problematika Kepemimpinan Suami Dalam Keluarga Di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo merupakan penelitian lapangan untuk menjawab bagaimana bentuk-bentuk problematika yang ditimbulkan suami dalam keluarga di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo? dan bagaimana analisis hukum positif dan hukum islam terhadap problematika kepemimpinan suami dalam keluarga di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo?. Data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi yang menunjukkan adanya problematika kepemimpinan suami dalam keluarga selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif kemudian data yang terkumpul diuraikan secara deskriptif yaitu data yang diperoleh berdasarkan fakta guna mendapatkan gambaran untuk memudahkan pemahaman secara jelas dan terarah dengan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, problematika kepemimpinan suami dalam keluarga di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo disebabkan karena kurangnya tanggung jawab dan pengetahuan suami sebagai kepala rumah tangga. Dampak yang terjadi dari berbagai permasalahan tersebut yakni istri menjadi kurang diperhatikan karena suami kurang memprioritaskan istrinya, istri kurang diberi nafkah yang cukup karena suami malas bekerja dan sering membolos dari pekerjaanya, istri tidak dapat menjadi istri sholihah karena suami tidak memberikan ilmu agama dan istri terdapat masalah yang tidak kunjung terselesaikan, dan yang kedua, analisis hukum positif dan hukum Islam terhadap problematika kepemimpinan suami dalam keluarga di Desa Bakalan Wringin Pitu Kecamatan Balongbendo, bahwa dalam hukum positif suami telah melanggar ketentuan Undang-undang Perkawinan Nomor 1 tahun 1974 yakni dalam pasal 33, pasal 34 ayat (1), pasal 31 ayat (3) dan dalam hukum Islam suami telah melanggar ketentuan Fiqih Munakahat dan Kompilasi Hukum Islam pasal 80 ayat (1), ayat (2), ayat (3) yakni melalaikan tanggung jawabnya sebagai Pembina rumah tangga, keharusan memberi nafkah yang cukup, kewajiban mendidik dengan ilmu agama dan kewajiban sebagai pelindung dalam keluarga. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka saran dari peneliti bagi seorang suami yang menjadi kepala rumah tangga seharusnya dapat membina keluarganya dengan baik dan tidak melalaikan tanggung jawabnya. Karena dalam membangun rumah tangga yang harmonis diperlukan sosok pemimpin rumah tangga yang dapat membina, membimbing dan mengarahkan anggota keluarganya dengan baik. Agar bahtera dalam rumah tangga senantiasa terhindar dari berbagai permasalahan dan dapat berjalan dengan penuh keharmonisan. Dan bagi peneliti selanjutnya hendaknya memperluas ilmu pengetahuan agar memperoleh informasi yang lengkap mengenai analisis hukum positif dan hukum islam terhadap problematika kepemimpinan suami dalam keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnama, Candra Dickycandradicki578@gmail.comC91219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, MuflikhatulUNSPECIFIED197004161995032002
Subjects: Hukum Islam
Keluarga
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan suami; keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Candra Dicky Purnama
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:31
Last Modified: 06 Feb 2024 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68115

Actions (login required)

View Item View Item