Efektivitas bimbingan pranikah terhadap pernikahan di bawah umur dalam membangun ketahanan keluarga: studi kasus di KUA Kecamatan Bubutan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salam, Abdus (2023) Efektivitas bimbingan pranikah terhadap pernikahan di bawah umur dalam membangun ketahanan keluarga: studi kasus di KUA Kecamatan Bubutan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdus Salam_C91219090 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abdus Salam_C91219090 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang praktek pasangan yang menikah di bawah umur, sehingga tidak sesuai dengan undang – undang tentang perkawinan. Supaya mengetahui dampak bimbingan pra nikah bagi pasangan di bawah umur menyelesaikan konfik dalam keluarga. disusun guna mengetahui efektivitas bimbingan pranikah dalam pasangan dibawah umur Di KUA Kecamatan Bubutan Surabaya. Penelitian lapangan yang menjawab dua pertanyaan tentang bagaimana dampak pernikahan di bawah umur terhadap ketahanan keluarga dan bagaimana efektivitas bimbingan pranikah bagi calon pengantin pernikahan di bawah umur dalam membangun ketahanan keluarga di (KUA Kecamatan Bubutan) Data penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dengan wawancara, data penelitian pada skripsi ini menggunakan analisis dengan pola pikir deduktif yang berasal dari teori ke fakta atau data penelitian. Dalam hal ini, yang menggunakan metode efektivitas sebagai analisis pandangan bekerjanya bimbingan pranikah pasangan dibawah umur dalam membangun ketahanan keluarga di KUA Kecamatan Bubutan Surabaya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Pertama, dampak pernikahan di bawah umur sangat mempengaruhi terhadap ketahanan keluarga, dilihat dari beberapa indikator pernikahan pasangan di bawah umur indikator ketahanan keluarga belum terpenuhi secara keseluruhan. maka dapat disimpulkan ketahanan keluarga bagi pasangan di bawah umur sudah memenuhi indikator yang sesuai dengan kemenpppa. Menurut penulis ketahanan keluarga bisa dilihat dari cara pasangan untuk saling mempertahanakan pernikahannya. Kedua, efektivitas bimbingan pranikah bagi calon pengantin pernikahan di bawah umur dalam membangun ketahanan keluarga di (KUA Kecamatan Bubutan) adalah efektif karena banyak respon positif dan harapan pasangan untuk kehidupan rumah tangga lebih baik dengan mengikuti bimbingan pranikah, pasansangan dapat menjadi lebih baik dari sebelum mengikuti bimbingan pranikah, tentunya bimbingan pranikah bagi pasangan sangat berpengaruh terhadap ketahanan keluarga dari narasumber yang telah peneliti wawancara terlihat narasumber yang mempraktekkan materi –materi dari bimbingan pranikah di keluarganya berdampak positif terhadap ketahanan keluarganya.Sejalan dengan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan kepada para pihak yang terkait tentang bimbingan pranikah KUA Kecamatan Bubutan dan warga di Kecamatan Bubutan bisa menentukan usia pernikahan yang ideal, sehingga dapat meningkatkan ketahanan keluarga supaya tidak mudah mentalaq dan memggugat cerai pasangannya. Kemudian untuk para peneliti selanjutnya, agar bisa menindak lanjuti hasil penelitian ini dengan perspektif dan pendekatan yang berbeda supaya bisa menemukan perkembangan kasus ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salam, Abdusc91219090@student.uinsby.ac.idC91219090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifqi, Muhammad Jazilmuhammadjazilifqi@uinsby.ac.id2010119102
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Efektivitas; bimbingan pranikah; ketahanan keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Abdus Salam
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:58
Last Modified: 06 Feb 2024 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68117

Actions (login required)

View Item View Item